Andika Perkasa - Hendrar Pasangan Pertama yang Daftar Pilgub Jateng ke KPU

Ameidyo Daud Nasution
27 Agustus 2024, 16:59
andika perkasa, pdip, hendrar priahdi, jawa tengah
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa (kiri) dan Hendrar Prihadi melihat surat rekomendasi saat pengumuman bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (26/8/2024).
Button AI Summarize

Andika Perkasa-Hendrar Prihadi hari ini resmi mendaftar sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah. Andika dan Hendrar mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah di Semarang diiringi pendukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono mengatakan PDIP menjadi partai pertama yang mendaftarkan bakal pasangan calon kepala daerah mereka.

"KPU menerima pendaftaran pasangan calon atas nama Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi," kata Handi di KPU Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/8) dikutip dari Antara.

Pasangan ini diusulkan PDIP yang mendapatkan suara sah di Jawa Tengah sebanyak 5,2 juta pada Pemilu 2024. KPU akan memeriksa persyaratan pendaftaran yang bisa dilengkapi kekurangannya hingga 8 September 2024.

KPU juga menyerahkan surat pengantar kepada Andika-Hendi untuk menjalani tes kesehatan pada 29 Agustus 2024. Andika, usai menyerahkan berkas mengucapkan terima kasih kepada KPU.

"Kami akan mematuhi aturan sesuai tahapan yang berjalan," kata mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu.

Andika Perkasa merupakan Panglima TNI periode 2021-2022. Sedangkan Hendrar Prihadi, yang saat ini menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), merupakan Wali Kota Semarang periode 2013-2015 dan 2016-2022.

Andika-Hendrar akan melawan pasangan calon Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen di Pilgub Jateng. Pasangan ini rencananya akan mendaftar pada Rabu (28/8).

Pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin saat ini didukung Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, dan Partai Solidaritas Indonesia.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...