Khofifah - Emil Dardak Resmi Daftar Pilkada Jawa Timur, Diusung 15 Partai

Ameidyo Daud Nasution
28 Agustus 2024, 16:18
khofifah, emil dardak, jawa timur
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/tom.
Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi (kanan) menerima surat pernyataan visi, misi, dan program bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) dan Emil Elestianto Dardak (kiri) saat pendaftaran di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (28/8/2024).
Button AI Summarize
  • Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menerima pendaftaran pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Khofifah jadi pasangan pertama yang mendaftar ke KPU di Surabaya, Rabu (28/8). Dokumen pendaftaran yang disampaikan pasangan tersebut dinyatakan memenuhi syarat.

"Dokumen yang disampaikan pasangan Khofifah-Emil kami nyatakan lengkap dan diterima," kata Ketua KPU Jatim Aang Khunaifi dikutip dari Antara, Rabu (28/8).

Setelah itu, pasangan Khofifah dan Emil akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan akan dilaksanakan di RSUD dr. Soetomo pada Kamis (29/9).

"Tahapannya cukup padat, kami menyesuaikan," kata Aang.

Sedangkan Khofifah sepakat menjalani Pilkada Jatim 2024 sesuai slogan 'Seneng Bareng'. Menurutnya, proses demokrasi harus dibangun di atas kebersamaan.

"Proses demokrasi harus dibangun di atas pilar kebahagiaan, kerukunan, dan kebersamaan," katanya.

Khofifah diusung oleh total 15 partai baik itu parlemen maupun non parlemen. Partai tersebut terdiri dari Golkar, Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan, serta Partai Nasdem.

Setelah itu ada Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Buruh, Partai Gelora, Perindo, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Garuda, serta Partai Prima.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...