KPK: Kaesang Harus Contohkan Hidup Sederhana Sebagai Ketua Parpol

Agustiyanti
30 Agustus 2024, 21:06
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersiap memberikan keterangan pada konperensi pers dukungan Pilkada 2024 di Jakarta, Kamis (18/7/2024). DPP PSI resmi menyerahkan rekomendasi dukungan kepada tiga pasangan bakal Calon Kepala Daerah (Cakada) di Provinsi Bant
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersiap memberikan keterangan pada konperensi pers dukungan Pilkada 2024 di Jakarta, Kamis (18/7/2024). DPP PSI resmi menyerahkan rekomendasi dukungan kepada tiga pasangan bakal Calon Kepala Daerah (Cakada) di Provinsi Banten, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Lebak yang akan berkontestasi pada Pilkada 2024.
Button AI Summarize

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi  Alexander Marwata menilai, Kaesang Pangarep selaku Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia harus menjadi panutan dengan mencontohkan gaya hidup sederhana dan menanamkan nilai-nilai antikorupsi. 
Pernyataan Alex menanggapi dugaan gratifikasi terkait penggunaan jet pribadi oleh Kaesang ketika melakukan perjalanan ke Amerika Serikat yang ramai di media sosial.

"Kami mendorong Saudara Kaesang itu supaya didalam prilaku kehidupan sehari-hari maupun selaku ketua partai politik, itu juga bisa menjadi role model nilai-nilai antikorupsi. Salah satunya apa nilai-nilai antikorupsi? Hidup sederhana," ujar Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (30/8), seperti dikutip dari Antraa. 

Alex mengatakan, Kaesang seharusnya telah memahami rambu-rambu soal prilaku koruptif lantaran sudah mengikuti pendidikan Politik Cerdas Berintegritas yang diselenggarakan oleh KPK jelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Pada intinya teman-teman, untuk mengetahui apakah fasilitas itu gratifikasi atau bukan, KPK perlu penjelasan, perlu keterangan dari yang bersangkutan. Itu intinya, makanya kami perlu klarifikasi, kami perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul di tengah masyarakat terkait dengan fasilitas untuk Saudara Kaesang," ujarnya.

Adapun  KPK saat ini tengah mempersiapkan dan akan segera mengirimkan undangan klarifikasi kepada Kaesang. Menurut Alex, meski yang bersangkutan bukan penyelenggara negara, banyak keluarga dekat Kaesang yang merupakan penyelenggara negara.

"Buat yang bersangkutan juga baik, kan begitu. Pasti nanti setelah beliau menjelaskan, semua akan menjadi terang benderang. Misalnya, ya fasilitas jet pribadi enggak ada hubungannya dengan penyelenggara negara, ya enggak masalah," kata Alex.

Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, mendapat banyak sorotan di media sosial karena dugaan keduanya menggunakan jet pribadi ketika melakukan perjalanan ke Amerika Serikat. Hal tersebut diketahui para warganet dari unggahan Erina berupa foto yang menampilkan pemandangan dari dalam jet pribaid di akun media sosial Instagramnya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...