Daftar 15 Artis dan Publik Figur Maju Pilkada 2024, Ramzi hingga Kris Dayanti

Ira Guslina Sufa
31 Agustus 2024, 13:12
artis maju pilkada
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc.
Maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya 2024 bernama Si Mbois (kiri) beraksi mengiringi penyanyi Jihan Audy (kanan) saat peluncurannya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/7/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menutup masa pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.  KPU mencatat jumlah pendaftar calon kepala daerah pada Pilkada 2024 mencapai 1.518 pasangan calon. 

Jumlah pasangan yang maju terdiri dari 1.467 paslon yang diusung partai politik dan 51 paslon maju dari jalur independen. "Proses pendaftaran pasangan calon di rentang 27 hingga 29 Agustus atau selama tiga hari berjalan lancar," kata Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik seperti dikutip Sabtu (31/8). 

Menurut Idham, selama tiga hari tersebut KPU menerima sebanyak 1.467 pasangan calon mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia. Ia merinci terdapat 100 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar di 37 provinsi yang menggelar Pilkada 2024. 

Sedangkan untuk tingkat kabupaten dari 415 daerah penyelenggara pilkada total terdapat 1.095 pasangan calon. Sementara untuk tingkat kota terdapat 93 yang menggelar Pilkada dengan jumlah 272 pasangan calon.

Dari jumlah calon yang maju terdapat pula sejumlah artis dan publik figur yang maju di Pilkada. Mereka maju setelah mendapat restu dari partai politik. 

Daftar Artis dan Publik Figur yang Maju di Pilkada Serentak 2024

Pramono Anung-Rano Karno daftar Pilgub DKI Jakarta
Pramono Anung-Rano Karno daftar Pilgub DKI Jakarta (ANTARA FOTO/Fauzan/tom.)
  1. Rano Karno Maju di Jakarta

    Aktor senior yang pernah menjabat sebagai Gubernur Banten ini kini maju sebagai Calon Wakil Gubernur Jakarta. Di Pilkada Jakarta Rano Karno akan  berpasangan dengan Pramono Anung yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Untuk maju di Pilkada, Rano mundur sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat terpilih pada pemilu 2024. Ia melenggang ke Senayan dan PDIP mewakili Banten. 

2. Kris Dayanti Ikut Pilkada Kota Batu

Kris Dayanti mencalonkan diri menjadi Wali Kota Batu, Jawa Timur. Ia merupakan anggota DPR periode 2019-2024 dari PDIP. 

Di Pilkada Baru KD berpasangan dengan dengan Kresna Dewanata Phrosakh, mantan rekan sesama anggota parlemen. Kris Dayanti optimistis dapat memimpin Kota Batu dengan pemahaman yang mendalam terhadap kota tersebut.

3. Gita KDI jadi Cawagub Jawa Barat 

Penyanyi dangdut Gita KDI maju di Pilkada untuk menjadi Calon Wakil Gubernur Jawa Barat. Ia maju bersama Acep Adang Ruhiat yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa. Mereka membawa tagline "Jabar Bahagia Lahir Batin" dalam kampanye mereka.

4. Ronal Surapradja Diusung PDIP di Pilkada Jabar

Sama-sama maju di Jawa Barat ada lawan Gita KDI di kursi calon wakil gubernur. Dia adalah Ronal Surapradja, presenter dan juga eks pemain Extravaganza yang maju jadi Calon Wakil Gubernur Jawa Barat. 

Ronal maju mendampingi Jeje Wiradinata yang diusung PDIP. Meski awalnya terkejut, Ronal kini siap untuk membawa perubahan positif bagi provinsi tersebut.

5. Jeje Govinda Ikut Pilkada Bandung Barat

Artis lain yang akan maju di Pilkada adalah Jeje, drummer dari band Govinda yang dikenal dengan nama Jeje Govinda. Ia maju sebagai Calon Bupati Bandung Barat berpasangan dengan Asep Ismail. 

Jeje berkomitmen untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Bandung Barat melalui visi yang kuat. Ia menyatakan maju di Bandung Barat karena terpanggil dan terlanjur jatuh cinta dengan kampung halamannya.

6. Sahrul Gunawan Diusung 6 Partai

Aktor yang juga politikus Sahrul Gunawan maju di Pilkada sebagai Calon Bupati Bandung. Ia maju bersama Gun Gun Gunawan. Di Pilkada, Sahrul diusung oleh enam partai yaitu Golkar, PKS, PPP, Hanura, Partai Ummat, dan Partai Garuda Sahrul berharap dapat membawa perubahan positif bagi Kabupaten Bandung.

7. Hengky Kurniawan, Petahana Maju Lagi di Pilkada

Aktor dan politikus Hengky Kurniawan kembali mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Bandung Barat. Pada Pilkada kali ini ia berpasangan dengan Ade Sudrajat. 

Hengky merupakan bupati petahana yang ingin melanjutkan kembali kepemimpinan di Bandung Barat. Hengki maju diusung PDIP, NasDem, Partai Buruh dan Perindo. 

8. Vicky Prasetyo Maju Pilkada Pemalang

Selebriti kontroversial Vicky Prasetyo mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Pemalang. Ia berpasangan dengan Mochamad Suwendi. Vicky maju diusung PKB dan berjanji akan berjuang keras demi kemajuan Pemalang.

Pendaftaran pasangan bakal calon Bupati Cianjur
Pendaftaran pasangan bakal calon Bupati Cianjur (ANTARA FOTO/Henry Purba/agr/YU)

9. Ramzi Jadi Cawabup Cianjur 

Pembawa acara kuis “Siapa Berani” Ramzi tak ketinggalan untuk mengikuti kontestasi pilkada 2024. Ia maju di Pilkada Kabupaten Cianjur dan menjadi calon wakil bupati mendampingi Muhammad Wahyu. 

Pasangan Wahyu-Ramzi diusung oleh Partai Gerindra dan NasDem. Mereka mendaftar ke KPU Cianjur pada Rabu (28/8). Ramzi berharap bisa berkontribusi pada kemajuan Cianjur.

10. Gilang Dirga Maju Pilkada Bandung Barat

Pembawa acara dan aktor Gilang Dirga memutuskan untuk maju sebagai Calon Wakil Bupati Bandung Barat, mendampingi Didik Agus. Gilang maju diusung Partai Demokrat dan PKS dan akan bersaing memperebutkan kursi bupati melawan Jeje Govinda dan Hengky Kurniawan.

11. Ali Syakieb Ikut Pilkada Bandung

Aktor Ali Syakieb, yang memiliki darah Arab, mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Bupati Bandung. Ia berpasangan dengan Dadang Supriatna yang merupakan Bupati Petahana. 

Ali berharap dengan ikut Pilkada ia bisa membawa Bandung menjadi lebih berkelanjutan. Mereka maju diusung PKB, NasDem, Gerindra, Demokrat, PAN, dan PDIP.

12. Lucky Hakim Melaju di Indramayu

Setelah mengundurkan diri sebagai Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim kembali mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Indramayu. Kali ini, ia berpasangan dengan Syaefudin, dan maju diusung Partai NasDem dan PKS.

13. Vicky Shu Ikut Pilkada Cilacap

Penyanyi Vicky Shu juga tak ketinggalan untuk mengikuti kontestasi di Pilkada 2024. Ia mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Bupati Cilacap, berpasangan dengan Awaluddin Muuri. 

Pasangan ini maju diusung partai Gerindra, NasDem dan PPP. Adapun Vicky merupakan kader partai NasDem. Ia berharap dengan ikut pilkada bisa mewujudkan impiannya untuk memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Cilacap.

14. Farhan Maju di Kota Bandung 

Presenter dan aktor Muhammad Farhan resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung untuk maju di Pilkada 2024. Ia akan berpasangan dengan dan Erwin sebagai Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung. 

Pasangan Farhan dan Erwin diusung oleh Partai Nasional Demokrat, dan PKB. Pasangan Farhan-Erwin juga mengumumkan secara resmi bergabungnya Partai Buruh dan Partai Gelora sebagai partai pendukung dalam koalisi mereka.

15. Virnie Ismail Ikut Pilkada Serentak Kabupaten Lebak

Komedian yang dikenal melalui acara "Extravaganza", Virnie Ismail, maju sebagai Calon Wakil Bupati Lebak, Banten diusung oleh Partai NasDem dan PAN. Ia berpasangan dengan Haji Dede dan berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Lebak.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...