Jokowi Perkenalkan Prabowo di Gala Dinner Indonesia-Africa Forum

Ameidyo Daud Nasution
1 September 2024, 19:49
prabowo, jokowi, afrika
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo berpidato di Gala Dinner Indonesia-Africa Forum ke-2 di Bali, Minggu (1/9). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo malam ini menghadiri Gala Dinner Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 di Bali, Minggu (1/9). Dalam pidato sambutannya, Jokowi memperkenalkan presiden terpilih Prabowo Subianto kepada para tamu yang hadir.

Kepada para kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara Afrika, Jokowi mengatakan Prabowo akan segera dilantik dalam waktu dekat. Tampak, Prabowo yang mengenakan batik berwarna coklat berdiri dan disambut tepuk tangan hadirin.

"Di hari yang menggembirakan ini, saya perkenalkan presiden terpilih Prabowo Subianto," kata Jokowi dalam pidatonya seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (1/9).

Jokowi berharap IAF menjadi bentuk komitmen untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas Indonesia dengan negara-negara Afrika. Mantan Gubernur Jakarta ini mengatakan komitmen tersebut akan dilanjutkan oleh pemerintahan Prabowo.

"Selamat datang di Bali, terima kasih atas kedatangan anda di sini," kata Jokowi.

IAF ke-2 akan digelar mulai Minggu (1/9) hingga Selasa (3/9). Dalam acara ini, Indonesia dan negara-negara afrika akan membahas kerja sama di sejumlah bidang, salah satunya ekonomi.

Dalam acara ini, Indonesia berkomitmen dalam Kerja Sama Selatan-Selatan (SSC) dengan memberikan bantuan sebesar Rp 109,9 miliar untuk 23 negara di Afrika. Pemberian bantuan ini melalui program lembaga dana kerja sama pembangunan internasional (LDKPI) atau Indonesian AID.

Indonesian AID merupakan lembaga satu pintu untuk penyaluran bantuan pembangunan kepada negara-negara mitra. Bantuan ini dirancang untuk meningkatkan ketahanan pangan, kesehatan, infrastruktur, dan respons tanggap darurat di kawasan yang sangat membutuhkan dukungan.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Sukamta menyatakan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Indonesia untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di negara-negara Afrika.

"Program Indonesian AID bertujuan untuk memperkuat sektor-sektor kritis yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat di Afrika," ujarnya dalam sesi pertama Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF) di Nusa Dua, Bali, Minggu (1/9).

Liputan khusus Indonesia - Africa Forum 2024 ini didukung oleh:

Logo Bank Mandiri & logo Bank BTN

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...