Profil Ray Dalio, Orang Terkaya Dunia Dirujuk Luhut Kembangkan Family Office

Ade Rosman
Oleh Ade Rosman
2 September 2024, 10:34
Ray Dalio luhut
Berbagai Sumber
Ray Dalio
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Ray Dalio di Bali, pada Minggu (1/9). Ray merupakan pendiri salah satu hedge Fund ternama dunia Bridgewater Associates. 

Ray hadir di Indonesia untuk mengikuti di Indonesia Africa Forum (IAF) 2024 yang digelar pada 1-3 september 2024 di Bali. Pada forum ini Ray diundang sebagai pembicara. 

Luhut menjelaskan, dalam IAF 2024 itu, Ray akan membagikan pandangan tentang perubahan ekonomi global di masa depan. “Ray juga aktif memberikan pandangannya tentang perkembangan ekonomi global di berbagai forum, dan menjadi penasehat bagi para pembuat kebijakan di berbagai negara, seperti UAE dan Saudi Arabia,” kata Luhut, dilansir dari keterangan resmi, Senin (2/9).

Pada kesempatan yang sama, Luhut juga mengatakan Ray akan memperkenalkan pandangan mengenai konsep family office. Dalam pandangan Luhut, Ray merupakan tokoh yang memiliki pengalaman dalam membangun family office di Abu Dhabi dan Singapura.

“Saya berharap dari diskusi dengannya kali ini, mampu memotivasi kami sebagai pemerintah untuk mengedepankan inovasi, hal itu demi  menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang,” kata Luhut.

Di sisi lain, luhut juga menceritakan perkenalannya dengan Ray dimulai dari pengiriman kapal eksplorasi dan penelitian ilmiah milik Ray ke Indonesia pada Mei 2024 lalu. Eksplorasi itu dilakukan untuk menjajal serta mengumpulkan data biodiversitas laut Indonesia hingga antisipasi untuk perlindungan dari bencana alam masa depan.

Lalu siapa dan bagaimana sepak terjang Ray Dalio di dunia bisnis? 

Profil Miliarder Dunia Ray Dalio

Pria bernama lengkap Raymond Thomas Dalio kelahiran 8 Agustus 1949 ini mendirikan Bridgewater pada 1975 di New York. Berdasarkan catatan Forbes Ray merupakan orang terkaya nomor 141 di dunia saat ini dengan total kekayaannya US$14 miliar atau sekitar Rp 217,45 triliun bila mengacu pada kurs Rp 15.532 per dolar AS.

Ray dikenal karena pemikiran mendalam tentang ekonomi dan pasar investasi. Selain itu, ia juga dikenal atas kemampuannya menganalisis pasar.

Dengan konsep 'Radical Transparency' dan 'Idea Meritocracy' yang diterapkan di Bridgewater, ia menginspirasi banyak organisasi di luar industri keuangan. Banyak eksekutif terutama di bidang keuangan meniru konsep keterbukaan, kejujuran, dan pemberdayaan karyawan yang dikembangkan Ray. Dengan prinsip ini Ray membawa harapan hadirnya pengambilan keputusan yang lebih baik, selain juga untuk mencapai lingkungan kerja yang lebih memuaskan.

Pada 2017, Ray Dalio menerbitkan buku 'Principles: Life and Work'. Melalui buku itu pula ia membagikan wawasannya mengenai penerapan prinsip-prinsip ekonomi untuk mengatasi tantangan global termasuk ketidaksetaraan dan perubahan iklim.


Reporter: Ade Rosman

Liputan khusus Indonesia - Africa Forum 2024 ini didukung oleh:

Logo Bank Mandiri & logo Bank BTN

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...