Pasangan Luluk-Lukman Minta Bantuan Ma’ruf Amin Kampanye di Pilkada Jatim

Ade Rosman
2 September 2024, 15:18
Pilkada
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/tom.
Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi (kanan) menerima dokumen pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Luluk Nur Hamidah (kedua kiri) dan Lukmanul Khakim (kedua kanan) didampingi Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah (kiri) saat pendaftaran di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/8/2024).
Button AI Summarize

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Luluk Nur Hamidah - Lukmanul Khakim meminta bantuan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk mengkampanyekan mereka di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024. Luluk mengatakan, dirinya tengah mengupayakan untuk bertemu dengan Ma'ruf. 

Keinginan Luluk untuk meminta bantuan timbul setelah Ma’ruf ditetapkan sebagai Dewan Syura Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2024-2029. Adapun Luluk - Luqman merupakan pasangan yang diusung oleh PKB. 

"Insya Allah (Ma'ruf ikut kampanye), karena beliau sudah Ketua Dewan Syuro dan saya insya Allah sedang minta waktu bisa sowan kepada beliau," kata Luluk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/9).

Luluk menilai, pengalaman Ma'ruf sebagai Wakil Presiden akan sangat berharga. Terlebih, Ma'ruf yang memimpin gugus tugas percepatan penanganan stunting di Indonesia.

Ia menyebut Jawa Timur menjadi salah satu provinsi dengan angka stunting yang tinggi. Atas alasan itu ia mengatakan stunting akan menjadi salah satu isu prioritas yang akan jadi perhatian mereka bila terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. 

“Jadi belum mencapai angka ideal yang kita harapkan dan beberapa kabupaten di Jawa Timur, seperti kabupaten-kabupaten yang ada di Madura itu stuntingnya masih sangat tinggi banget," kata Luluk.

Luluk mengatakan, angka stunting di beberapa kabupaten di Jawa Timur angkanya di atas 20 persen. Pilgub Jawa Timur akan diikuti oleh tiga pasang calon Gubernur dan wakil Gubernur. Selain Luluk - Lukaman, dua pasangan lainnya yakni Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak, juga Tri Rismaharini - Zahrul Azhar Asad alias Gus Han. 



Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...