Paus Fransiskus Tiba di Indonesia Hari Ini, Akan Berkunjung ke Masjid Istiqlal

Tia Dwitiani Komalasari
3 September 2024, 05:30
Remo Casilli/Pool Paus Fransiskus merayakan MiKudus bagi komunitas umat beriman Myanmar di Roma, di Vatikan, Minggu (16/5/2021).
ANTARA FOTO/REUTERS/Remo Casilli/Pool/HP/sa.
Remo Casilli/Pool Paus Fransiskus merayakan MiKudus bagi komunitas umat beriman Myanmar di Roma, di Vatikan, Minggu (16/5/2021).
Button AI Summarize

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia hari ini, Selasa (3/9). Pemimpin Gereja Katolik dunia tersebut akan melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya Misa Akbar hingga kunjungan ke Masjid Istiqlal.

Berdasarkan informasi dari Konferensi Waligereja Indonesia, Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Esok harinya, Paus dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilanjutkan kegiatan di Gereja Katedral Jakarta.

Pada Kamis (5/9) sore, Paus Fransiskus akan melakukan Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Sebelum melakukan misa, Paus akan mengunjungi Masjid Istiqlal di pagi hari. Dia kemudian bertolak dari Indonesia pada Jumat (6/9).

Paus selanjutnya akan melakukan perjalanan apostolik ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura, hingga 13 September 2024. 

Sterilisasi Bandara

Kepolisian Republik Indonesia telah melakukan patroli dan sterilisasi keamanan di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak Senin (2/9). Kegiatan patroli dan sterilisasi tersebut, dilakukan dalam Operasi Tri Brata Jaya 2024 dalam menjaga pengamanan tamu VVIP kenegaraan.

"Yang pertama kami mengadakan kegiatan patroli di area Terminal 1, 2, 3 dan 4 serta Terminal Kargo. Ini dilakukan sebagai upaya menciptakan kondisi keamanan, sehingga berjalan dengan baik," kata Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Roberto Pasaribu di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan, dalam operasi pengamanan tamu VVIP kenegaraan ini melibatkan 270 personel gabungan baik dari Polda Metro Jaya, TNI serta Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Untuk petugas menyiagakan 150 personel dan BKO dari Polda Metro yakni Satbrimob. Baik Pasukan Plopor maupun Gegana serta Samapta 149 jadi total personel Polri 270 orang," katanya.

Dia menyebutkan, ratusan personel gabungan tersebut nantinya bertugas melakukan pengamanan dalam rangka pencegahan terhadap ancaman dan gangguan keamanan, baik sebelum, sesaat maupun setelah kegiatan kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta.

"Untuk pengamanan ini kita bagi tiga ring. Yang pertama di isi oleh Paspampres, kemudian ring kedua dilakukan oleh petugas TNI sebagai komando pengendali lapangan dan terakhir oleh Polri," ucapnya.

Sebagai memastikan kelancaran saat kunjungan tamu negara ini, pihak pengamanan setempat juga melakukan kegiatan berupa sweeping rute-rute VVIP yang akan dilalui. Pemeriksaan terhadap jalan ini, untuk menghindari benda-benda seperti paku yang menyebabkan bahaya.

Sementara itu, Dandim 0506/Tangerang, Letkol Inf Ari Sutrisno menambahkan bahwa dalam operasi pengamanan tamu kenegaraan ini pihaknya menyiagakan sebanyak 125 personel. Dimana, petugas pengamanan bakal difokuskan untuk berjaga pada alur atau rute perjalanan tamu VVIP seperti dari area parkir hingga keluar dari objek Kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami melakukan pengamanan di ring dua. Nanti kita siagakan satu SSK atau 125 personel, kemudian kita gelar dari jalur parkir bandara sampai arah keluar objek atau keluar dari otoritas bandara," paparnya.

Ia menyebut, hingga kini seluruh personel gabungan pengamanan telah dikerahkan ke masing-masing posko untuk kesiapan penjagaan pada hari kedatangannya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...