Kaesang Dicari KPK, Kader PSI Bingung Keberadaan Ketua Umumnya

Muhamad Fajar Riyandanu
3 September 2024, 18:09
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyapa wartawan saat tiba di ruangan konperensi pers dukungan Pilkada 2024 di Jakarta, Kamis (18/7/2024).
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyapa wartawan saat tiba di ruangan konperensi pers dukungan Pilkada 2024 di Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Button AI Summarize

Staf Khusus (Stafsus) Presiden, Grace Natalie menyatakan tak tahu menahu soal keberadaan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. Kaesang dan istrinya Erina Gudono hilang di media sosial setelah viral penggunaan jet pribadi ke Amerika Serikat (AS) pada pekan lalu.

Grace yang merupakan pendiri PSI itu mengatakan tidak mengetahui keberadaan Kaesang karena sudah tak lagi menduduki jabatan wakil ketua dewan pembina PSI sejak ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai stafsus. “Saya sudah tidak di struktur PSI, jadi nggak mantau hari-hari. Harus dicek dulu, nanti malah salah informasi dari saya,” kata Grace di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (3/9).

Dia juga enggan menanggapi kabar yang menyebut Kaesang dan Erina menggunakan jet pribadi yang diduga milik Garena, perusahaan gim yang terafiliasi dengan Shopee. “Lebih baik tanya Kaesang langsung karena saya sudah tidak di struktur PSI,” ujarnya.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango pun menyatakan belum mengetahui lokasi dari putra Presiden Jokowi. Saat ini, Kaesang tengah terseret dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi.

"Tidak. Tidak. kami enggak tahu di mana. Belum terinfo," kata Nawawi ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

Nawawi pun membantah KPK memberi perlakuan khusus pada Jokowi. Ia menegaskan setiao orang di mata hukum sama. Meski dirinya bukan penyelenggara negara, namun Kaesang merupakan putra dari presiden.

"Melihat seorang Kaesang sebagai bukan penyelenggara negara, kita harus melihat Kaesang kaitannya dengan penyelenggara negara gitu, Ada keluarganya," kata dia.

Nawawi mengatakan, telah memerintahkan Direktorat Gratifikasi dan Direktorat Pengaduan Laporan Masyarakat untuk melakukan klarifikasi pada Kaesang. "Kaesang kan enggak bisa dianggap secara personal. Semua publik mengetahui bahwa Kaesang adalah... Apa? Bisa dilanjutin gitu kan? Sudah dipahami," kata dia.

Kaesang mendapat terseret dugaan gratifikasi buntut penggunaan fasilitas jet pribadi Gulfstream G650ER milik perusahaan game online Garena yang berada di bawah naungan Sea Limited, perusahaan asal Singapura. Penggunaan jet pribadi ini terendus Ketika Erina Gudono membagikan konten di Instagram Story saat bepergian ke Amerika Serikat Bersama Kaesang. Kaesang menemani Erina yang melanjutkan pendidikan S2 di University of Pennsylvania di Negeri Paman Sam.

Aktivitas Kaesang dan Erina itu menjadi sorotan lantaran terjadi bersamaan dengan heboh revisi Undang Undang tentang Pemilihan Kepala Daerah di DPR. Revisi itu disebut-sebut akan menguntungkan Kaesang untuk maju pemilihan gubernur. Pengesahan revisi dibatalkan lantaran ada aksi besar-besaran dari kelompok masyarakat dan mahasiswa yang membuat pembahasan di DPR dihentikan.

Setelah batalnya revisi UU Pilkada, aktivitas Kaesang dan Erina di media sosial belakangan ini memicu sorotan dari warganet. Di Instagram, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono terakhir kali mengunggah konten pada 17 Agustus. Unggahan itu berupa foto dirinya mengenakan pakaian adat Bugis Makassar dan Erina memakai baju adat Mentawai Sumatera Barat pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia.

Peneliti industri penerbangan Alvin Lie dalam unggahan di akun Facebook pribadi pada Jumat (23/8) menyampaikan, pesawat dengan registrasi N588SE itu sangat misterius lantaran data penerbangan dihapus, sehingga tidak bisa dilacak pergerakannya.

“Apakah benar ini pesawat sewaan atau carter? Atau milik bos besar yang dipinjamkan untuk dipakai Bakul Pisang? Atau jangan-jangan milik dia sendiri?" tulis Alvin.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...