Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang, Pelamar Boleh Pakai Materai Tempel

Ira Guslina Sufa
6 September 2024, 10:09
CPNS
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/Spt.
Sejumlah guru antre untuk menerima SK Guru saat Pembinaan dan Penyerahan Surat Keputusan (SK) Guru Formasi CPNS 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (30/12/2023).
Button AI Summarize

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mengumumkan perpanjangan masa pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS). Perpanjangan dilakukan sebagai kompensasi adanya gangguan dalam penggunaan e-materai. 

Perpanjangan waktu disampaikan BKN lewat unggahan akun media sosial instagram @BKNgoidofficial. "Pendaftaran CPNS 2024 diperpanjang hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB. Pelamar diimbau tidak daftar di akhir batas waktu," demikian pernyataan BKN.

Selain memperpanjang masa pendaftaran, BKN juga mengeluarkan ketentuan berkaitan dengan penggunaan materai. Pelamar CPNS 2024 kini diperbolehkan menggunakan materai tempel atau memilih menggunakan e-materai. 

Bersamaan dengan perpanjangan masa pendaftaran, pemerintah juga telah memulihkan penggunaan e-materai. Head of Corporate Secretary Perum Peruri Adi Sunardi mengatakan pemulihan sistem dilakukan pada penyelesaian antrean pembubuhan (stamping) yang sudah dalam proses, serta pembaruan kuota untuk akun yang sudah berhasil melakukan pembayaran.

Sementara itu, untuk layanan pembelian kuota dan registrasi akun baru, akan dilakukan pembukaan akses layanan secara berkala dengan mempertimbangkan beban antrean yang sedang berlangsung. Prabu mengatakan masyarakat bisa memanfaatkan penyedia jasa layanan lain untuk membeli e-Meterai bila Peruri kembali mengalami kendala. .

"Peserta CASN juga bisa membeli e-Meterai di tempat lain seperti dari Pos Indonesia lewat Pospay atau pun langsung ke kantor pos terdekat," kata Prabu.

Sementara itu Wakil Kementerian Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo mengatakan akan memberikan penggantian biaya atau refund kepada masyarakat yang sudah terlanjur membayar tetapi gagal mendapatkan e-materai. Dia mengakui kesulitan peserta CASN dalam membeli e-Meterai dikarenakan lonjakan para pembeli yang mengakses website di waktu yang bersamaan. 



Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...