Jokowi Lantik 3 Pejabat: Gus Ipul Jabat Mensos, Eddy Hartono jadi Kepala BNPT

Muhamad Fajar Riyandanu
11 September 2024, 10:18
Jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/app/foc.
Saifullah Yusuf (kiri) dan Irjen Pol Eddy Hartono (kanan) mengucapkan sumpah jabatan saat dilantik menjadi Menteri Sosial dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menjadi Menteri Sosial di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (11/9). Gus Ipul, yang juga menjabat sebagai Walikota Pasuruan ini akan mengisi posisi yang dilepas oleh Tri Rismaharini yang maju sebagai calon gubernur Jawa Timur.

Ketetapan tersebut tertulis dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102 P tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan periode tahun 2019-2024. Keppres dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti. 

"Mengangkat saudara Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024," kata Nanik. 

Pada momen serupa, Jokowi juga melantik Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Keputusan tersebut tertuang dalam Keppres Nomor 124/PPA tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. 

Selain itu, Jokowi juga melantik Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melalui Keppres Nomor 101P tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisioner LPS. 



Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...