Jokowi Respons Wacana Jadi Wantimpres Prabowo: Saya Mau Pulang ke Solo

Muhamad Fajar Riyandanu
12 September 2024, 17:38
jokowi, wantimpres, prabowo
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wpa.
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan pada pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Senin (9/9/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan keinginannya untuk kembali pulang ke kampung halaman di Solo seusai masa jabatannya sebagai presiden berakhir pada 20 Oktober mendatang.

Pernyataan tersebut sekaligus menanggapi pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. Budi menyebut Jokowi layak untuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sembari tertawa ringan, Jokowi mengatakan dirinya akan berada ke Solo saat prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Saya mau pulang ke Solo tanggal 20 nanti," kata Jokowi seusai memberikan arahan kepada jajaran TNI-Polri di Istana Negara IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada Kamis (12/9).

Sebelumnya, Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa Presiden Jokowi layak menjadi anggota Wantimpres di pemerintahan mendatang. Ketua Umum Relawan ProJokowi (ProJo) itu menganggap Jokowi masih terlalu muda untuk pensiun dari pentas politik.

"Beliau masih muda untuk pensiun, masih 63 tahun," kata Budi Arie di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/9).

Pembahasan nomenklatur Wantimpres saat ini masih berada di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Badan Legislasi DPR menyebut pemerintahan tidak setuju dengan perubahan nomenklatur Dewan Pertimbangan Presiden menjadi Dewan Pertimbangan Agung (DPA).

Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi mengatakan, pembahasan mengenai pengubahan nomenklatur itu saat ini tengah dibahas dalam Revisi Undang-undang (UU) Nomor 19 tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden.

"DPR mau mengubah, pemerintah tidak setuju," kata pria yang biasa dipanggil Awiek itu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9).


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...