Petinggi Kadin Hadiri Munaslub Siang Ini, Ada Anindya Bakrie hingga Bamsoet

Andi M. Arief
14 September 2024, 13:46
kadin, anindya bakrie, bamsoet, arsjad rasjid
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Spt.
Komisaris Utama PT VKTR Mobilitas Indonesia Tbk Anindya Bakrie menyampaikan paparan saat menjadi pembicara utama pada hari kedua Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (5/9/2024).
Button AI Summarize

Sejumlah petinggi Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia terpantau berkumpul di Hotel St. Regis Jakarta hari ini, Sabtu (14/9). Untuk diketahui, sebagian anggota Kadin dikabarkan akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa untuk menggulingkan Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid.

Beberapa petinggi Kadin yang terpantau adalah Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Anindya Bakrie, Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kadin Bambang Soesatyo, dan Presiden Komisaris PT Blue Bird Tbk Bayu Priawan. Adapun Bayu kini menjabat sebagai Ketua Pelaksana Munaslub Kadin 2024.

"Munaslub Kadin hari ini sudah sesuai dengan AD/ART. Munaslub kini sudah kuorum sebab dihadiri lebih dari 20 Kadin Daerah," kata Bayu di St Regis Jakarta, Sabtu (14/9).

Selain itu, tampak CEO PT Maharaksa Biru Energi Tbk dan Ketua Bidang Perindustrian Kadin Bobby Gafur Umar dan Ketua Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia Redma Wirawasta.

Ketua Kadin Bangka Belitung Thomas Jusman mengatakan Munaslub Kadin 2024 dilakukan untuk menyikapi dinamika di Kadin saat ini. Oleh karena itu, Thomas menilai Munaslub dilakukan demi Kadin yang lebih baik.

Berdasarkan Anggaran Dasar Kadin, kuorum Munaslub adalah setengah dari total anggota biasa dan setengah dari total anggota luar biasa.

Secara rinci, anggota biasa adalah Ketua Umum Kadin Provinsi. Sejauh ini, total Kadin Daerah mencapai 30 unit. Munaslub akan diperpanjang selama dua jam jika tidak dipenuhi sebelum ditunda ke hari selanjutnya.

Walau demikian, Kantor Pusat Kadin menyampaikan sebanyak 21 Kadin Provinsi telah menolak penyelenggaraan Munaslub 2021. Kadin provinsi tersebut adalah:

1. Bengkulu
2. DI Yogyakarta
3. DKI Jakarta
4. Gorontalo
5. Jambi
6. Jawa Barat
7. Jawa Tengah
8. Jawa Timur
9. Kalimantan Barat
10. Kalimantan Selatan
11. Kalimantan Timur
12. Maluku
13. Maluku Utara
14. NTT
15. Papua
16. Papua Barat
17. Riau
18. Sulawesi Tengah
19. Sulawesi Tenggara
20. Sulawesi Utara
21. Papua Barat Daya.

Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...