Respons Jokowi Usai Kaesang Klarifikasi ke KPK Biaya Naik Jet Pribadi Rp 90 Juta

Muhamad Fajar Riyandanu
Oleh Muhamad Fajar Riyandanu - Ade Rosman
18 September 2024, 13:07
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep mendatangi KPK, Selasa (17/9/2024).
Dok. Istimewa
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep mendatangi KPK, Selasa (17/9/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menanggapi aksi putra bungsunya, Kaesang Pangarep, yang telah mendatangi gedung lama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  Jokowi menyampaikan kedatangan Kaesang ke KPK merupakan bagian dari penegakan hukum yang adil dan transparan.

“Saya kan sudah menyampaikan, semua warga negara sama di mata hukum. Itu saja,” kata Jokowi seusai memberikan sambutan Pembukaan Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) di Jakarta Convention Center pada Rabu (18/9).

Kepada KPK, Kaesang Pangarep mengatakan harga tiket pesawat jet pribadi yang ditumpanginya ke Amerika Serikat senilai Rp 90 juta per orangnya. Sosok pemilik jet pribadi itu berinisial Y. 

"Kalau ditetapkan milik negara ini kan fasilitas akan dikonversi, jadi uang nanti disetor uangnya. Yang bersangkutan sudah bilang kira-kira Rp 90 juta lah satu orang seharga tiket. Ini kalau kita tetapkan milik negara ya," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan, Selasa (17/9).

Pahala mengatakan, KPK akan menganalisis laporan Kaesang dalam kurun waktu tiga hingga empat hari. Dalam perjalanannya itu, Kaesang tak hanya pergi bersama istrinya, Erina Gudono, tapi juga bersama kakak ipar beserta stafnya.

"Yang bersangkutan pergi berempat, ya, jadi Kaesang, istrinya, kakak istrinya dan stafnya, jadi berempat, kira-kira Rp 360 juta kalau ditetapkan milik negara," kata Pahala.

Pahala mengatakan Kaesang dalam formulir yang diserahkan kepada Direktorat Gratifikasi mencantumkan dirinya merupakan putra dari penyelenggara negara. KPK, tutur Pahala, tak menutup kemungkinan memanggil orang tuanya selaku penyelenggara negara.

Berdasarkan keterangan Kaesang, Pahala menyebut jet yang ditumpangi Kaesang menumpang dari kawannya. "Inisial Y. WNI atau WNA, atau apa, dibilang pesawat punya siapa juga, nanti kita konfirmasi lagi," kata dia.

Kaesang terseret dugaan gratifikasi buntut penggunaan fasilitas jet pribadi Gulfstream G650ER milik perusahaan game online Garena yang berada di bawah naungan Sea Limited, perusahaan asal Singapura.

Penggunaan jet pribadi ini terendus ketika Erina Gudono membagikan konten di Instagram Story saat bepergian ke Amerika Serikat Bersama Kaesang. Kaesang menemani Erina yang melanjutkan pendidikan S2 di University of Pennsylvania di Negeri Paman Sam.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu, Ade Rosman
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...