DPR Sahkan Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Ade Rosman
19 September 2024, 13:59
Naturalisasi
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Suasana rapat paripurna ke-22 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/7/2024).
Button AI Summarize

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pernohonan naturalisasi dua calon pemain Tim Nasional Indonesia Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Persetujuan itu diambil dalam Rapat Paripurna Ke-7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 periode keanggotaan 2019-2024, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus, yang didampingi Rachmat Gobel. Sementara pimpinan lainnya yakni Ketua DPR Puan Maharani, juga Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, dan Muhaimin Iskandar absen.

"Apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI atas nama saudara Eliano Johanes Reijnders dan saudara Mess Victor Joseph Hilgers dapat disetujui?" Kata Lodewijk diikuti persetujuan anggota rapat.

Ia mengatakan, permohonan itu berdasarkan surat Presiden RI nomor R47 dan surat nomor R48 tertanggal 11 September 2024. Selanjutnya, setelah disetujui DPR, tahapan selanjutnya diproses oleh Sekretariat Negara (Setneg) untuk mendapatkan surat Keputusan Presiden dari Presiden Joko Widodo.

Keduanya dijadwalkan akan mengambil sumpah WNI di Belanda pekan depan sebelum akhirnya perpindahan federasi kedua pemain dari Belanda ke Indonesia diurus oleh PSSI.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas menyatakan sudah memeriksa semua dokumen kelengkapan permohonan naturalisasi kedua atlet tersebut. Ia menyebut dokumen kewarganegaraan Eliano dan Mees sudah sesuai peraturan perundang-undangan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan, kedua atlet yang dikenal dengan nama singkat Eliano Reijnders dan Mees Hilgers itu merupakan atlet muda berusia 23 tahun. Keduanya disebut memiliki darah keturunan Indonesia dari sisi ibu.

Menurut Dito ibu dan kakek dari Eliano lahir di Jakarta. Sedangkan kakek Mees lahir di Ambon. Dia pun mengatakan pihaknya mengajukan naturalisasi dua atlet tersebut dengan pertimbangan proyeksi pemberdayaan atlet untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Adapun timnas sepakbola Indonesia saat ini tengah berada dalam laga penentuan prakualifikasi ketiga Piala Dunia 2026. Pada dua pertandingan sebelumnya timnas Indonesia menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 dan imbang melawan Australia dengan skor 0-0. 


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...