Katadata Telco Survey: Dedi Mulyadi - Erwan Setiawan Puncaki Pilgub Jawa Barat

Ade Rosman
19 September 2024, 17:35
dedi mulyadi, jawa barat, survei
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww.
Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi (tengah) menggendong seniman Longser saat pendaftaran di Kantor KPU Jawa Barat, Bandung, Selasa (27/8/2024).
Button AI Summarize

Katadata Insight Center (KIC) memotret gambaran peta Pilkada di Jawa Barat dalam survei terbarunya. Berdasarkan hasil survei bertajuk Katadata Telco Survey itu, pasangan Dedi Mulyadi - Erwan Setiawan mendapat suara terbanyak responden dibandingkan kandidat lainnya.

Responden disuguhi pertanyaan 'Jika hari ini adalah hari pemungutan suara Pilkada Jawa Barat 2024 dan Anda saat ini tengah berada di dalam bilik suara, siapa yang akan anda pilih sebagai gubernur-wakil gubernur Jawa Barat?'.

Hasilnya, Dedi Mulyadi - Erwan Setiawan memperoleh angka 50,0%. Pasangan lainnya mendapat perolehan suara jauh di bawahnya, yakni Ahmad Syaikhu - Ilham Habibie 3,8%, Acep Adang Ruhiat - Gitalis Dwi Natarina, 2,5% dan Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja 1,6%.

Saingan terberat Dedi - Erwan versi survei KIC yakni responden yang belum menentukan pilihan, yakni sebesar 42,1%.

Nama Dedi Mulyadi unggul berdasarkan top of mind para responden. Mantan Bupati Purwakarta itu dipilih oleh 34,9% jika berdasarkan top of mind pemilih.

Dedi juga memiliki popularitas tertinggi karena 77,9% responden mengenali politisi Gerindra tersebut. Selain itu, ia juga mendapatkan akseptabilitas atau disukai 88,6% responden.

Survei bertajuk 'Elektabilitas Pilkada Enam Provinsi & Kepuasan Terhadap Pemerinah' ini dilakukan pada 4-9 September 2024 dengan menyasar kepada 800 responden pada tiap provinsi. Populasi sampel merupakan penduduk yang memiliki hak pilih dan menggunakan nomor telepon selular Telkomsel.

Penarikan data survei dilakukan dengan sambungan telepon melalui platform survei daring dari Telkomsel, tSurvey. Platform pengumpulan data ini mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight.

Dengan menggunakan metode pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing (RDD), temuan survei itu memiliki toleransi kesalahan 3.5% pada tingkat kepercayaan 95% di tiap provinsi.


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...