Katadata Telco Survey: Elektabilitas Bobby Nasution Ungguli Edy Rahmayadi

Ade Rosman
19 September 2024, 17:46
bobby nasution, edy rahmayadi, pilkada sumut
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wpa.
Wali Kota Medan Bobby Nasution berjalan memasuki kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (4/7/2024).
Button AI Summarize

Temuan survei Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan pasangan calon Bobby Nasution - Surya unggul di Pemilihan Gubernur Sumatra Utara. Menantu Presiden Joko Widodo itu mengungguli Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala.

Dalam survei yang bertajuk Katadata Telco Survey itu, para responden disuguhi pertanyaan 'Jika hari ini adalah hari pemungutan suara Pilkada Sumatra Utara 2024 dan Anda saat ini tengah berada di dalam bilik suara, siapa yang akan Anda pilih sebagai gubernur-wakil gubernur Sumatra Utara?'.

Sebanyak 35,6% memilih Bobby - Surya. Sedangkan lawannya, yakni Edy Rahmayadi - Hasan Basri Sagala mendapat (19,5%). Meski demikian, sebanyak 44,9% responden belum menentukan pilihan di Pilkada Sumatra Utara 2024.

Bobby yang merupakan menantu Presiden Joko Widodo itu maju Pilgub Sumatera Utara berbekal dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar, Gerindra, NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN), Demokrat, PKS, dan PPP.

Sedangkan Edy - Hasan didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Survei bertajuk 'Elektabilitas Pilkada Enam Provinsi & Kepuasan Terhadap Pemerinah' ini dilakukan pada 4-9 September 2024 dengan menyasar kepada 800 responden pada tiap provinsi.

Populasi sampel merupakan penduduk yang memiliki hak pilih dan menggunakan nomor telepon selular Telkomsel. Penarikan data survei dilakukan dengan sambungan telepon melalui platform survei daring dari Telkomsel, tSurvey. Platform pengumpulan data ini mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight.

Dengan menggunakan metode pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing (RDD), temuan survei itu memiliki toleransi kesalahan 3.5% pada tingkat kepercayaan 95% di tiap provinsi.


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...