Kebakaran di Gedung Bakamla Sudah Terkendali, Damkar Lanjutkan Penyisiran

Ferrika Lukmana Sari
29 September 2024, 11:40
Kebakaran di gedung Bakamla RI Menteng Jakarta Pusat pada Minggu pagi (29/9/2024).
ANTARA/Dokumentasi Pribadi
Kebakaran di gedung Bakamla RI Menteng Jakarta Pusat pada Minggu pagi (29/9/2024).
Button AI Summarize

Personel Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta masih menyisir gedung Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI yang terbakar di Jalan Proklamasi Kecamatan Menteng Jakarta Pusat pada Minggu pagi (29/9).

"Saat ini kondisi sudah aman terkendali dan kami sedang menyisir di setiap lantai," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan di Jakarta, Minggu (29/9).

Satriadi mengatakan langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi bara dan potensi kebakaran setelah dilakukan pemadaman oleh personel.

"Selain itu, kegiatan penyisiran ditujukan untuk memastikan ada atau tidak ada korban akibat peristiwa kebakaran ini," kata dia.

Pihaknya juga telah mengerahkan 103 personel pemadam kebakaran dengan 21 unit mobil untuk memadamkan api yang membakar gedung tersebut.

Petugas menerima laporan kebakaran diterima pada pukul 06.25 WIB, sementara operasi pemadaman dilakukan pukul 06.27 WIB. Sejauh ini, personel masih mendata jumlah kerugian dan korban akibat kebakaran tersebut.

Diketahui, Bakamla merupakan badan paramiliter negara yang bertugas melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan di wilayan perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi maritim Indonesia.

Dugaan Korsleting Listrik

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menduga penyebab kebakaran gedung Bakamla RI pada Minggu pagi akibat korsleting listrik. "Saat ini masih berlangsung proses pendinginan api," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Minggu (29/9).

Seorang warga Anam (55) mengaku mendengar ada ledakan saat terjadi kebakaran di gedung tersebut."Saya mendengar ledakan lebih dari satu kali," kata dia.

Ia mengaku, awalnya datang ke dekat lokasi sekitar pukul 06.13 WIB untuk senam pagi. Setelah sampai lokasi, dirinya ingin ke toilet di Tugu Proklamasi, dan setelah keluar dari toilet justru terdengan ledakan dari gedung Bakamla. 

Anam melihat api langsung cepat membesar dan mengeluarkan asap hitam dari gedung tersebut. "Begitu saya keluar, warga udah mulai panik dan berteriak," kata dia.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...