Daftar Susunan Fraksi Delapan Partai Politik di DPR Periode 2024-2029

Ade Rosman
2 Oktober 2024, 11:43
DPR
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Sejumlah anggota DPR melambaikan tangan dan menunjukkan papan nama dirinya usai mengikuti Rapat Paripurna DPR Penutupan Masa Sidang I Tahun Sidang 2024-2025 Keanggotaan DPR RI 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).
Button AI Summarize

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani menyatakan lembaganya berkomitmen menampung aspirasi rakyat selama periode kepemimpinannya lima tahun ke depan. Ia ingin DPR menjadi lembaga yang lebih mendapat kepercayaan publik. 

"DPR akan membuka ruang pintu aspirasi rakyat selebar-lebarnya dan menampung aspirasi rakyat itu untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR," kata Puan seperti dikutip Rabu (2/10). 

Selama lima tahun ke depan Puan akan didampingi oleh empat Wakil Ketua DPR yang telah disepakati dalam rapat paripurna. Empat wakil Ketua DPR adalah Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco dari Fraksi Partai Gerindra, Saan Mustopa dari Fraksi Partai Nasional Demokrat dan Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa. 

Nama-nama pimpinan DPR yang baru merupakan hasil yang disepakati dalam rapat konsultasi pimpinan sementara DPR dan perwakilan partai politik pada Selasa (1/10) siang. Penetapan pimpinan DPR RI didasarkan pada ketentuan Pasal 427D dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (MD3) 

Dalam ketentuan UU MD3 kursi Ketua DPR diduduki oleh parpol dengan suara terbanyak di Pemilu. Puan menjadi calon tunggal yang diutus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pada periode 2024-2029 DPR terdiri dari delapan fraksi yang berasal dari partai pemenang pemilu dengan perolehan suara minimal 4%. Delapan partai adalah PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Adapun total anggota DPR yang dilantik adalah 580 orang naik dari sebelumnya hanya 575. Penambahan tersebut terjadi setelah adanya penambahan 4 provinsi baru dari pecahan beberapa wilayah di Papua dan Papua Barat. 

Selain menetapkan pimpinan DPR, rapat paripurna yang dipimpin Ketua Sementara DPR RI, Guntur Sasono juga menetapkan susunan fraksi. “Kami meminta persetujuannya dapat disetujui menjadi fraksi-fraksi yang sah di DPR RI masa keanggotaan 2024-2029," kata Guntur diikuti persetujuan anggota.

Susunan struktur fraksi DPR 2024-2029:

Fraksi PDIP

Belum menyampaikan

Fraksi Golkar

Ketua Fraksi, Muhammad Sarmuji

Sekretaris, Mukhtaruddin

Bendahara, Sari Yuliati

Fraksi Gerindra

Ketua Fraksi, Budisatrio Djiwandono

Sekretaris, Bambang Haryadi

Bendahara, Novita Wijayanti

Fraksi NasDem

Ketua Fraksi, Viktor Laiskodat

Sekretaris, Ahmad Sahroni

Bendahara Nafa Indria Urbach

Fraksi PKB

Ketua Fraksi, Jazilul Fawaid

Sekretaris, Anggia Ermarini

Bendahara, Muhamad Rano Al Fath

Fraksi PKS

Ketua Fraksi, Jazuli Juwaini

Sekretaris, Idrus Salim Al Jufri

Bendahara, Kurniasih Mufidayati

Fraksi PAN

Belum menyampaikan

Fraksi Partai Demokrat

Ketua Fraksi, Edhie Baskoro Yudhoyono

Struktur akan dilengkapi




Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...