Profil Singkat Empat Wakil Ketua DPR, dari Dasco hingga Saan Mustopa

Yuliawati
Oleh Yuliawati
3 Oktober 2024, 15:21
Pembacaan sumpah jabatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10). Foto: Youtube/DPR
Youtube/DPR
Pembacaan sumpah jabatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10). Foto: Youtube/DPR
Button AI Summarize

Terdapat lima pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang baru periode 2024-2029. Ketua DPR Kembali dijabat Puan Maharani bersama empat Wakil Ketua DPR.

Pemilihan pimpinan DPR melalui Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/10). Para pimpinan DPR merupakan perwakilan lima partai politik pemegang kursi terbanyak yakni perwakilan PDIP, Gerindra, Golkar, PartaKebangkitan Bangsa (PKB) dan NasDem.

Puan didampingi empat wakil ketua, yakni Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Adies Kadir (Golkar), Cucun Ahmad Syamsurizal (PKB), dan Saan Mustopa (NasDem).

Berikut profil singkat empat Wakil Ketua DPR periode 2024-2029:

1. Sufmi Dasco Ahmad

Dasco (57) merupakan anggota DPR petahana yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024. Saat ini, dia menjabat sebagai Ketua Harian Gerindra.

Dasco mengawali karier politik berawal dari kedekatannya dengan politisi Gerindra Fadli Zon yang merupakan rekan bisnis. Dasco terlibat aktif sejak Gerindra berdiri.

Selain berkarier di bidang politik, Sufmi Dasco juga merupakan seorang dosen ilmu hukum di Universitas Pakuan. Dasco dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Pakuan pada 2022.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 28 Maret 2024, total harta kekayaan Dasco sebesar Rp79 miliar.

2. Adies Kadir

Adies Kadir (56) merupakan politisi Golkar yang menjabat sebagai Ketua Bidang Hukum DPP Partai Golkar periode 2019-2024. Dia sudah menjabat sebagai anggota DPR sejak 2019, mewakili daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I.

Dia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III yang menangani bidang hukum, hak asasi manusia (HAM) dan keamanan.

Berdasarkan LHKPN pada 3 Juni 2024, kekayaan Adies sebesar Rp11,1 miliar. Sebagian besar kekayaan Adies Kadir terdiri dari aset tanah dan bangunan senilai Rp5,5 miliar. Aset properti tersebut tersebar di dua lokasi, yaitu Surabaya, Jawa Timur, dan Bekasi, Jawa Barat.

3. Cucun Syamsurizal

Cucun (52) merupakan Wakil Ketua DPR periode 2024-2029 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dia merupakan politikus PKB yang menjadi anggota DPR sejak 2014-2024.

Berdasarkan LHKPN terakhir pada 6 Agustus 2024, total kekayaan Cucun sebesar Rp 22 miliar. Mayoritas kekayaan Cucun berasal dari aset tanah dan bangunan yang mencapai nilai Rp 14,6 miliar. Aset tanah dan properti itu tersebar di wilayah Bandung, Jawa Barat.

4. Saan Mustopa

Saan (56) merupakan seorang politikus yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Barat sejak 2016 hingga sekarang. Sebelum bergabung dengan NasDem, Saan merupakan kader Partai Demokrat sejak 2007 hingga 2015.

Saan merupakan kawan dekat mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum. Saan pernah diterpa kabar dugaan menerima uang korupsi pembangunan Wisma Atlet Palembang. Kabar itu dihembuskan mantan Bendahara Umum Demokrat Nazaruddin yang kemudian dibantah Saan.

Saan juga pernah menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk Neneng Sri Wahyuni dalam kasus dugaan korupsi PLTS di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Saan dikenal sebagai ahli dalam berdiplomasi. Kemampuan lobi politik ditempa sejak duduk di bangku kuliah di IKIP Bandung. Pada masa itu ia banyak menempati posisi penting di berbagai organisasi.

Berdasarkan LHKPN yang dilaporkan Saan pada 30 Maret 2024, total kekayaannya mencapai Rp6,1 miliar.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...