Ridwan Kamil Berjanji Gilir WFH Demi Atasi Kemacetan Jakarta

Ade Rosman
6 Oktober 2024, 20:59
ridwan kamil, wfh, jakarta
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (kedua kiri) menyapa teman penyandang disabilitas saat kegiatan Jejak Langkah Inklusi RIDO bersama Teman Disabilitas di Halte Transjakarta Tosari, Jakarta, Jumat (13/9/2024).
Button AI Summarize

Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil berencana memberlakukan kerja dari rumah alias work from home (WFH) untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Ide itu disampaikannya dalam debat pertama calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10) malam.

"Kemudiam kita akan buat namanya work from home bergilir, Senin (misalnya untuk) industri media, selasa industri hukum, sehingga mengurangi pergerakan," kata dia.

Pria yang biasa disebut RK itu menilai rencananya akan berhasil bilamana didukung dengan memfasilitasi hal lainnya, sehingga dapat mengurangi kemacetan. "Digabung memfasilitasi pergerakan, insyaallah mengurangi kemacetan," katanya.

Ia mengatakan, solusi kemacetan di Jakarta juga dapat diatasi dengan membangun Central Business District (CBD) atau distrik bisnis pusat di sejumlah daerah untuk mengurangi pergerakan.

Beberapa titik yang disasar adalah Ancol, Pantai Indah Kapuk (PIK), dan Kelapa Gading di Jakarta Utara. Selain itu ada Meruya di Jakarta Barat serta TB Simatupang di Jakarta Selatan sebagai lokasi potensial CBD.  

"Sehingga orang (Jakarta) Selatan tinggalnya di Selatan tidak usah ke pusat. Kerja di Selatan ngemal di Selatan. Orang di (Jakarta) Barat tinggal di Barat, kerja di Barat ngemalnya di Barat," kata dia.

Ridwan juga akan menggerakan perahu yang melintasi sungai di Jakarta demi memberikan alternatif moda transportasi pengurai kemacetan. "Kami mungkin akan coba berinovasi membuat riverway atau perahu melintasi 13 sungai di Jakarta," kata dia.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu lalu mengatakan, cara lainnya yakni dengan menambah jalan layang atau flyover. "Perluasan yang namanya flyover masih dibutuhkan secara reality ya," kata dia.

Sedangkan calon Gubernur nomor urut 03 Pramono Anung menjanjikan perluasan moda transportasi gratis kepada 15 golongan. Nantinya, 15 golongan dapat menggunakan MRT secara gratis.

"Kalau perlu, Transjabodetabek (diperpanjang) sampai Puncak dan Cianjur," kata Pramono.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...