DPR Tambah Alat Kelengkapan, Bakal Bentuk Badan Aspirasi Rakyat

Ade Rosman
7 Oktober 2024, 16:22
DPR
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Sejumlah buruh mengikuti aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/2/2023).
Button AI Summarize

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bakal menambah alat kelengkapan dewan (AKD) pada periode 2024-2029. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan alat kelengkapan baru itu dibentuk sebagai wujud komitmen DPR mendengarkan aspirasi dari masyarakat. 

“Yang jelas ada pertambahan AKD-nya itu, Badan Aspirasi Rakyat,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/10).

Meski sudah mengungkap nama alat kelengkapan baru yang akan dibentuk, Dasco belum merincikan tugas, fungsi dan keanggotaan Badan Aspirasi Rakyat. Ketua Harian Partai Gerindra itu mengatakan informasi lebih rinci mengenai badan baru akan diumumkan pada 14 Oktober 2024. 

Pada hari itu, kata Dasco, kemungkinan akan diadakan rapat pimpinan fraksi untuk menentukan komisi di DPR. Pada kesempatan itu akan disampaikan mengenai penambahan alat kelengkapan termasuk potensi penambahan jumlah komisi. 

Usai dilantik pada 1 Oktober 2024 lalu, hingga kini DPR masih dalam masa kosong. Dasco mengklaim, para anggota dewan terpilih saat  ini mengisi waktu dengan kegiatan lainnya. Terdekat, DPR akan melakukan audiensi dengan ikatan hakim pada Selasa (8/10).

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...