Gerindra Mengaku Belum Bahas Jatah Menteri dengan PDIP

Ade Rosman
8 Oktober 2024, 11:31
gerindra, pdip, menteri
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan keterangan pers usai menjenguk pengunjuk rasa yang ditahan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (23/8/2024).
Button AI Summarize

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan belum ada komunikasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berkaitan dengan porsi menteri di kabinet pemerintahan yang dipimpin Prabowo Subianto mendatang.

Kendati demikian, Dasco membenarkan bahwa telah menjalin komunikasi dengan partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri tersebut.

"Khusus dengan PDIP, belum ada pembicaraanmengenai nama-nama yang akan masuk atau kemudian bagaimana nanti sikap PDI Perjuangan terhadap pemerintahan yang baru secara resmi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).

Dasco mengatakan, saat ini komunikasi dengan PDIP berfokus pada pemenuhan janji politik atau program-program Prabowo sebagai presiden terpilih. Komunikasi serupa juga yang dijalin dengan partai politik lainnya.

"Oleh karena itu kami minta kepada para pihak untuk menunggu saja perkembangannya sambil kita fokus pada pelantikan," kata dia.

Belakangan, beredar rumor sejumlah nama kader PDIP yang diproyeksikan masuk kabinet yang dipimpin Prabowo. Sejumlah nama itu di antaranya Budi Gunawan, Olly, hingga Azwar Anas. 

"Tiga nama itu, baik Pak Budi Gunawan, baik Pak Azwar Anas, baik Bapak Olly Dondokambey menunggu keputusan dari DPP dan Ibu Ketua Umum," kata Ketua DPP PDIP Said Abdullah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Puan Maharani tak menutup kemungkinan kader partai banteng bergabung di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

"Apakah akan menempatkan salah satu kader atau tidak, kita tunggu saja," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9).

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...