4 Hasil Survei Terbaru Pilkada Jateng, Adu Bintang Siapa Menang?

Ade Rosman
10 Oktober 2024, 16:09
Survei
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/tom.
Pasangan bakal calon Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol Ahmad Luthfi (tengah) dan bakal calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pendaftaran di Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (28/8/2024).
Button AI Summarize

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024 menjadi ajang perebutan kursi gubernur dan wakil gubernur dengan dua pasangan calon yang menarik perhatian. Pilkada diikuti oleh dua calon gubernur berpangkat jenderal di kesatuan masing-masing. 

Pasangan calon nomor urut 1, Andika Perkasa merupakan mantan Panglima TNI yang berpangkat jenderal. Andika berpasangan dengan mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Di sisi lain, pada nomor urut 2 ada nama Ahmad Luthfi yang merupakan mantan Kapolda Jawa Tengah. Ia terakhir menjabat Inspektur Jenderal di Kementerian Perdagangan dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) polisi. 

Pada pilkada Jawa Tengah, Luthfi berpasangan dengan Taj Yasin Maimoen yang sebelumnya menjabat wakil gubernur mendampingi Ganjar Pranowo. Pasangan Luthfi dan Taj Yasin didukung oleh koalisi besar yang meliputi Partai Kebangkitan Bangsa, Gerindra, Demokrat, Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional, Nasional Demokrat, dan Demokrat. 

Merujuk hasil sejumlah survei kedua pasangan bersaing untuk meraih simpati publik. Berdasarkan tiga survei ini, tren elektabilitas menunjukkan keunggulan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin di berbagai metode pengambilan sampel, baik survei telepon, tatap muka, maupun random sampling. 

Berikut Hasil Survei Terbaru Pilkada Jawa Tengah 

Hasil Katadata Telco Survey

Survei ini dilakukan pada tanggal 4-9 September 2024 dengan menggunakan metode survei telepon terhadap 800 responden yang memiliki hak pilih di Jawa Tengah. Katadata Telco Survey menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin lebih tinggi dibanding Andika-Hendi, dengan persentase dukungan 34,6% berbanding 28,4%. 

Namun, sebanyak 37% responden memilih untuk tidak memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon. Survei ini memiliki margin of error sekitar 3,5%, yang menunjukkan hasilnya cukup signifikan.

Hasil Survei Poltracking Indonesia

Hasil survei Poltracking Indonesia, yang dilakukan pada 8-17 September 2024, juga memperlihatkan keunggulan pasangan Luthfi-Yasin. Dari 1.200 responden yang disurvei secara tatap muka, pasangan ini memperoleh 52,2% suara dukungan. 

Di urutan kedua pasangan Andika-Hendi hanya mendapat 31,4%. Dengan margin of error sebesar 2,9%, survei ini memperlihatkan bahwa pasangan Luthfi-Yasin semakin menguat dalam kompetisi politik di Jawa Tengah.

Hasil Survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI)

Survei LKPI yang dilakukan lebih awal, pada tanggal 27 Agustus hingga 3 September 2024, juga menunjukkan hasil serupa. Dalam survei ini, Luthfi-Yasin unggul jauh dengan persentase dukungan sebesar 64,8%. 

Sebaliknya, pasangan Andika-Hendi hanya mendapat dukungan 31,4%. Survei ini melibatkan 1.100 responden dengan margin of error 2,95%, yang artinya hasil ini memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Hasil Survei Kanigoro Network 

Kanigoro Network, seperti dikutip dari Tribunjateng merilis pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen unggul dengan tingkat elektabilitas sebesar 45,2%. Sementara itu, pasangan Andika-Hendi berada di posisi kedua dengan 37,7%. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...