Hasil Survei Terbaru Pilkada Jabar: Dedi Mulyadi - Erwan Unggul, Siapa Mengejar?

Ade Rosman
11 Oktober 2024, 16:17
Survei
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww.
Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi (tengah) menggendong seniman Longser saat pendaftaran di Kantor KPU Jawa Barat, Bandung, Selasa (27/8/2024).
Button AI Summarize

Dinamika pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024 makin hangat. Sebulan menjelang pelaksanaan Pilkada empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur makin gencar melakukan kampanye. 

Empat pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang bertarung di Jawa Barat adalah Dedi Mulyadi - Erwan Setiawan, Ahmad Syaikhu - Ilham Habibie, Acep Adang Ruhiat - Gitalis Dwi Natarina, dan Jeje Wiradinata - Ronal Surapradja.

Pasangan Dedi - Erwan didukung oleh Golkar, Gerindra, Demokrat, dan Partai Amanat Nasional. Kemudian, Syaikhu - Ilham didukung Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, dan Nasional Demokrat. Lalu Acep - Gita diusung oleh Partai Kebangkitan Banngsa, dan Jeje - Ronal oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Katadata.co.id merangkum beberapa survei dari sejumlah lembaga terkait Pilgub Jawa Barat. Berdasarkan sejumlah survei terbaru, pasangan Dedi Mulyadi - Erwan Setiawan unggul jauh dibandingkan kandidat lainnya. 

Berikut hasil survei sejumlah lembaga di Pilkada Jabar

Survei Katadata Insight Center (KIC)

Dalam survei Katadata Telco Survey, Dedi Mulyadi - Erwan Setiawan menjadi pilihan mayoritas responden. Ketika diberikan pertanyaan simulasi pemungutan suara, sebanyak 50,0% responden memilih pasangan yang diusung Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PAN ini.

Pasangan Ahmad Syaikhu - Ilham Habibie, yang didukung oleh PKS, PPP, dan NasDem, hanya memperoleh 3,8%. Sementara Acep Adang Ruhiat - Gitalis Dwi Natarina (diusung PKB) mendapat 2,5%. Sedangkan pasangan dari PDIP, Jeje Wiradinata - Ronal Surapradja, memperoleh 1,6%.

Saingan terberat Dedi - Erwan bukanlah kandidat lain, melainkan kelompok responden yang belum menentukan pilihan. Berdasarkan survei terdapat 42,1% responden yang belum memilih. 

Dari segi popularitas, Dedi Mulyadi juga unggul. Sebanyak 77,9% responden mengenali mantan Bupati Purwakarta ini, dengan akseptabilitas atau tingkat kesukaan sebesar 88,6%. Ia juga memimpin dari segi top of mind pemilih, dengan 34,9% responden memilihnya tanpa melihat daftar kandidat.

Survei ini dilakukan pada 4-9 September 2024, melibatkan 800 responden di Jawa Barat. Survei dilakukan melalui metode telepon, dengan margin of error 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei Poltracking Indonesia

Temuan dari Poltracking Indonesia juga menunjukkan hasil serupa. Pasangan Dedi Mulyadi - Erwan Setiawan unggul dengan elektabilitas sebesar 65,9%. Ahmad Syaikhu - Ilham Habibie berada di posisi kedua dengan 11,8%. 

Pada posisi ketiga ada Acep Adang Ruhiat - Gitalis Dwi Natarina (5,2%) dan Jeje Wiradinata - Ronal Surapradja (2,9%). Responden yang belum menentukan pilihan mencapai 14,2%.

Survei Poltracking dilakukan pada 8 hingga 14 September 2024 dengan melibatkan 1.200 responden warga Jawa Barat. Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei Indikator Politik Indonesia

Survei lain yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia kembali menegaskan dominasi pasangan Dedi - Erwan. Dalam survei yang dilakukan pada 2-8 September 2024, pasangan ini meraih 77,81% suara. 

Ahmad Syaikhu - Ilham Habibie berada di posisi kedua dengan 10,98%, diikuti oleh Acep Adang Ruhiat - Gitalis Dwi Natarina (2,24%). Sementara Jeje Wiradinata - Ronal Surapradja (2,24%). Responden yang belum menentukan pilihan sebesar 6,73%.

Survei ini menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah responden 1.200 orang di seluruh Jawa Barat, dan memiliki margin of error ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...