BMKG Peringatkan Hujan Petir Landa Beberapa Wilayah, Bagaimana Cuaca di Jakarta?

Ira Guslina Sufa
13 Oktober 2024, 11:12
BMKG
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Sejumlah warga menikmati wahana saat berlangsungnya Jakarta Night Carnival 2024 di Silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Sabtu (22/6/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan diguyur hujan pada Minggu (13/10), dengan intensitas bervariasi. Untuk wilayah Sumatera, Kota Banda Aceh diperkirakan akan berawan tebal, sementara hujan dengan intensitas sedang akan terjadi di Pekanbaru. 

Hujan lebat diprediksi mengguyur Kota Padang, sementara hujan yang disertai petir berpotensi terjadi di Medan, Tanjung Pinang, Jambi, Bengkulu, Palembang, Pangkalpinang, dan Lampung. Di wilayah Jawa, cuaca cerah berawan diprediksi di Yogyakarta, sementara udara kabur kemungkinan terjadi di Semarang dan Surabaya. 

Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Jakarta, Bandung, dan Serang. Sementara itu, Denpasar dan Kupang di wilayah Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan cerah berawan hingga berawan, sedangkan Mataram akan mengalami hujan ringan.

Di wilayah Kalimantan, hujan ringan diprediksi terjadi di Samarinda dan Palangka Raya, dengan hujan sedang di Tanjung Selor. Masyarakat di Pontianak dan Banjarmasin diharapkan waspada terhadap hujan yang berpotensi disertai petir. 

Di Sulawesi, cuaca berawan diprediksi untuk Makassar. Sedangkan hujan ringan akan terjadi di Gorontalo, Manado, Palu, dan Kendari. Kota Mamuju diperkirakan akan mengalami hujan disertai petir.

Untuk wilayah Maluku dan Papua, Kota Manokwari akan berawan tebal, sementara Ambon, Ternate, Sorong, dan Jayapura diprediksi mengalami hujan ringan. Hujan sedang diperkirakan terjadi di Nabire dan Jayawijaya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...