MPR Pastikan Pimpinan Eropa dan ASEAN Konfirmasi Hadir di Pelantikan Prabowo

Ade Rosman
14 Oktober 2024, 12:21
Mpr
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Ahmad Muzani menyampaikan sambutan saat peluncuran platfrom digital di depan gedung Fanta Headquarters Prabowo-Gibran, Menteng, Jakarta, Kamis (14/12/2023).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani mengatakan sejumlah pimpinan negara lain dipastikan akan hadir dalam pelantikan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih RI 2024. Ia menyebut hampir semua pimpinan negara ASEAN bakal hadir.

"Termasuk negara-negara yang bersahabat dengan kita, dan negara-negara Eropa, negara-negara lain, negara-negara Barat (konfirmasi hadir)," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10).

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu pun memastikan saat ini tengah disiapkan keamanan serta protokol yang dibutuhkan untuk menyambut kedatangan para pimpinan negara lain. Ia memastikan persiapan prosesi pelantikan sudah berjalan sesuai rencana. 

Pada hari ini, Pimpinan MPR juga akan melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh di waktu terpisah. Beberapa tokoh yakni Prabowo, Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, serta Gibran Rakabuming Raka.

"Agenda pertemuan akan kami sampaikan tentang undangan Agenda tanggal 20 Oktober kepada beliau-beliau. Kami menyampaikan undangan untuk mengundang agar beliau-beliau hadir dalam pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilihan Umum 2024," kata Muzani.

Di sisi lain, Muzani juga memastikan para kandidat di Pilpres 2024 juga diundang dalam pelantikan yang digelar 20 Oktober 2024 mendatang. Ia menjelaskan undangan diberikan pada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dan pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar. 

"Undangan sudah kami cek, sudah diterima oleh masing-masing kandidat," kata dia.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...