Tito Karnavian Ungkap Tugas dari Prabowo di Kabinet, Potensi Lanjut Mendagri

Ade Rosman
14 Oktober 2024, 18:05
Prabowo
ANTARA FOTO/Jessica Wuysang/Spt.
Mendagri sekaligus Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tito Karnavian memberi arahan pada pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) di Kantor Gubernur Kalbar di Pontianak, Selasa (27/8/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Terpilih Prabowo Subianto mulai memanggil calon menteri yang akan diajak bergabung dalam kabinet di pemerintahan Prabowo - Gibran Rakabuming Raka. Sejumlah menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo pun ikut dipanggil. 

Beberapa nama menteri di kabinet Jokowi yang dipanggil Prabowo adalah Agus Harimurti Yudhoyono, Tito Karnavian, dan Zulkifli Hasan. Usai bertemu dengan Prabowo, ketiga menteri itu membocorkan kisi-kisi penugasan yang diberikan oleh Prabowo pada pemerintahan mendatang. 

Tito Karnavian, yang saat ini masih aktif sebagai menteri dalam negeri, mengaku mendapatkan tugas untuk menjaga inflasi tetap terkendali. Prabowo meminta agar penanganan inflasi yang selama ini sudah terjaga baik bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan. 

“Saya sampaikan akan tetap saya laksanakan setiap minggu sampai ada perintah untuk dihentikan,” kata Tito, yang juga pernah menjabat sebagai Kapolri pada masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Tito mengatakan dalam pertemuan itu Prabowo menyampaikan keinginan untuk mempertahankan dirinya di kabinet. Adapun Tito datang ke Kertanegara setelah dihubungi ajudan Prabowo pada Senin pukul 12.00 WIB. 

Adapun Agus Harimurti yang merupakan Menteri Agraria dan Tata Ruang menjelaskan akan mendapat posisi strategis di pemerintahan Prabowo. Ia mengatakan diberi pesan oleh Prabowo bahwa presiden terpilih ingin pembangunan ke depan semakin sukses.

“Pembangunan itu fisik maupun SDM. Saya rasa itu menjadi satu bagian yang tak terpisahkan,” kata AHY. 

Sementara itu, Zulkifli Hasan, yang saat ini aktif menjabat sebagai menteri perdagangan, mengaku mendapatkan tugas terkait swasembada pangan. Namun, saat ditanya mengenai kemungkinan dia menjabat sebagai menteri koordinator bidang pangan, Zulhas panggilan akrab Zulkifli Hasan  menyebut biar Prabowo yang mengumumkan.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...