Profil Widiyanti Putri Wardhana, Calon Menteri Ekonomi Kreatif Kabinet Prabowo

Mela Syaharani
14 Oktober 2024, 18:57
Chief Operating Officer PT Teladan Resources Widiyanti Putri Wardhana.
Katadata/www.teladan-resources.com
Chief Operating Officer PT Teladan Resources Widiyanti Putri Wardhana.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Terpilih Prabowo Subianto sore ini memanggil sejumlah tokoh ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pertemuan ini disinyalir untuk mengisi kursi para menteri di era kepemimpinannya, mulai 20 Oktober 2024 hingga 2029.

Salah satu tokoh yang hadir adalah Widiyanti Putri Wardhana. Ia merupakan istri dari mantan Direktur Utama Indika Energy Wishnu Wardhana. Wishnu kini menjabat sebagai Direktur Utama PT Teladan Prima Agro Tbk dan sempat menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Widi, begitu perempuan ini disapa, ketika mendatangi kediaman Prabowo tampak mengenakan baju batik dan menenteng sebuah tas hitam. Ia disebut-sebut akan mengisi jabatan Menteri Ekonomi Kreatif.

Ia sempat menempuh pendidikan di Pepperdine University, Malibu, California, Amerika Serikat pada 1993. Widi meraih gelar Bachelor of Science in Business Administration.

Dilansir dari situs Teladan Resources, Widi merupakan profesional di bidang bisnis, investor, hingga filantropis. Ia telah berkutat menjadi pengusaha lebih dari 30 tahun.

Di dunia usaha, ia mengisi berbagai jabatan di Teladan Group. Perusahaan ini didirikan oleh ayahnya, Wiwoho Basuki Tjokronegoro. Teladan Group bergerak dalam sektor industri, termasuk sumber daya agro, energi, teknologi minyak dan gas, properti strategis, dan media. 

Perjalanan Karier

Dilansir dari marketscreener, Widi pernah menduduki 11 posisi jabatan di beberapa perusahaan. Mulai menjabat sebagai Komisaris PT Teladan Agro Resources periode 2007 - 2012.

Mulai 2013, Widi tercatat menempati posisi direktur PT Tanjung Buyu Perkasa Plantation, PT Telen, PT Inti Energi Kaltim, PT Gemilang Sejahtera Abadi, PT Telen Prima Sawit, PT Sawit Prima Nusantara, dan PT Cahaya Anugerah Plantation.

Di tahun tersebut, Widi juga diberi amanah sebagai Direktur di PT Teladan Prima Argo selama 2012-2021. Setelah itu, Widi kemudian ditugaskan sebagai Komisaris PT Teladan Prima Agro sejak 2021.

Saat ini Widi menjabat sebagai Chief Operating Officer di PT Teladan Resources. Sekaligus menjadi Ketua Yayasan Teladan Utama dan Pengawas Yayasan Kawula Madani serta Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia untuk periode 2018 - 2024.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...