Profil Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Dipanggil Prabowo jadi Calon Menteri

Ameidyo Daud Nasution
15 Oktober 2024, 04:50
Komjen Agus Andrianto
ANTARA/Dokumentasi Pribadi
Komjen Agus Andrianto
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Komjen Pol Agus Andrianto menjadi salah satu pejabat yang dipanggil oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai calon anggota kabinet. Meski tak menjelaskan di mana posisinya, Agus mengatakan tugas barunya masih terkait latar belakangnya di bidang keamanan.

"Paling tidak ada kaitannya dengan itu (latar belakang). Tapi saya tidak mau dipancing-pancing," kata Agus sembari tertawa menanggapi pertanyaan awak media di Jalan Kertanegara, Jakarta, Senin (14/10).

Agus saat ini menjabat sebagai Wakil Kapolri dengan status bintang tiga. Jabatan ini telah diembannya sejak 2023.

Malang Melintang di Sumut

Agus merupakan lulusan Akademi Kepolisian (dahulu bernama AKABRI) pada 1989. Usai lulus, ia langsung menjadi Perwira Samapta di Polres Dairi, Sumatra Utara. Ia lalu bergeser sebagai Kapolsek di sejumlah wilayah di Sumatera Utara, terakhir adalah Kapolsek Percut Sei Tuan pada 1995.

Dua tahun kemudian, ia digeser menjadi Kapusdalops Polres Lampung Selatan. Namun, pada 1999 Agus kembali ke Sumut sebagai Kepala Satuan Serse Poltabes Medan.

Pada 2001 hingga 2006, Agus bergeser ke lingkup Polda Jawa Timur. Pertama sebagai Kasubag Binops Bagian Serse Ekonomi Polda Jatim, Wakapolres KP3 Pelabuhan Tanjung Perak pada 2003, serta Perwira Menengah Polda Jatim pada 2005.

Setelah itu Agus menjadi Kasat I/Direskrimsus Polda Metro Jaya pada 2006. Kariernya terus meningkat dengan menjadi Kapolres Metro Tangerang pada 2008.

Setahun berselang, Agus kembali ke Sumut, kali ini menjadi Dirreskrim Polda Sumut. Namun, dua tahun kemudian, ia promosi ke Mabes Polri untuk menjadi Kabagresmob Robinops Bareskrim.

Agus sempat menjadi Direktur Psikotropika dan Prekursor Deputi Bidang Pemberantasan di Badan Narkotika Nasional pada 2015. Tahun 2016, ia kembali ke Mabes Polri untuk menjadi Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim.

Tahun 2017, Agus kembali bertugas di Sumut dengan menjabat Wakil Kapolda. Setahun kemudian, ia promosi menjadi Kapolda Sumut dengan jabatan bintang dua.

Agus promosi menjadi jenderal bintang tiga dengan menjabat sebagai Kabaharkam Polri pada 2019. Dua tahun kemudian ia menjadi Kabareskrim Polri.

Saat menjadi Kabareskrim, Agus ikut dalam menangani kasus Ferdy Sambo, koleganya di kepolisian yang menembak ajudannya hingga tewas. Sambo akhirnya dijatuhkan pidana seumur hidup.

Tahun 2023, ia lalu naik jabatan menjadi Wakapolri. Jabatan orang nomor dua di Polri terus diemban hingga saat ini.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...