Jelang Lengser, Jokowi Resmikan 24 Ruas Jalan Daerah Aceh Senilai Rp 686 Miliar

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Oktober 2024, 14:36
jokowi, jalan, aceh
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meresmikan jalan di Kabupaten Aceh Besar, Aceh pada Selasa (15/10). Foto: M Fajar Riyandanu/Katadata
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan inpres jalan daerah (IJD) rute Blang Bintang-Krueng Raya di kawasan kaki bukit Barbate, Kabupaten Aceh Besar, Aceh pada Selasa (15/10).

Proyek IJD di Aceh memakan total biaya Rp 686,5 miliar, mencakup 24 ruas jalan dan 1 jembatan dengan total panjang 183 kilometer (km).  Adapun untuk ruas Blang Bintang-Krueng Raya memiliki panjang 9,5 km dengan biaya proyek Rp 44,3 miliar. 

Jalur itu merupakan akses pintu tol langsung dari Krueng Raya, melewati lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) serta lokasi wisata, mulai dari lokasi kuliner, kebun kurma, pemandian Ie Su'um hingga lokasi wisata bahari Krueng Raya.

Jokowi mengatakan program IJD Aceh merupakan infrastruktur penting untuk menyambung konektivitas antara wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Aceh. 

"Jalan yang rusak akan menghambat mobilitas logistik yang nanti juga akan berpengaruh pada harga-harga yang diterima oleh masyarakat," kata Jokowi saat memberikan sambutan peresiman. 

Jokowi mengatakan, inisiatif pembangunan proyek IJD Aceh dimulai pada 2023. Pekerjaannya adalah membangun dan memperbaiki jalan-jalan dan jembatan rusak di 14 kabupaten kota di Aceh. 

"Kita harapkan dengan pembangunan dan perbaikan jalan-jalan ersebut, mobilitas orang, mobilitas barang, kecepatan distribusi logistik di Provinsi Aceh akan lebih baik,"ujar Jokowi. 

Selain rute Blang Bintang-Krueng Raya, proyek IJD Aceh juga mencakup jalan ruas Ligan-Kuala Ligan, Kabupaten Aceh Jaya sepanjang 9,7 km dengan biaya Rp 42,9 miliar. 

Berikutnya ada pembangunan jembatan Blang Mane di Kabupaten Bireuen sepanjang 60 meter dengan biaya proyek Rp 20,9 miliar. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...