Jokowi Sebut Prabowo Lantik Para Menteri di Istana Senin Pekan Depan

Ameidyo Daud Nasution
16 Oktober 2024, 14:04
jokowi, prabowo, kabinet
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait pembebasan pilot Susi Air di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden terpilih Prabowo Subianto bakal melantik para menteri kabinet dan kepala badan di Istana Merdeka Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2024. Agenda ini hanya berselang satu hari setelah Majelis Permusyawarakat Rakyat (MPR) melantik Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10).

Presiden Joko Widodo mengatakan pelantikan para menteri Prabowo akan berbarengan dengan pengukuhan Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), menggantikan Budi Gunawan.  

“Kepala BIN yang baru ini akan dilantik bersama-sama dengan menteri pada tanggal 21 nanti,” kata Jokowi kepada wartawan seusai meresmikan Tol Ruas Indrapura-Kisaran, Sumatera Utara pada Rabu (16/10).

Prabowo saat ini sedang mengumpulkan calon menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga di kediamannya yang terletak di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada hari ini, Rabu (16/10). Para calon pengisi kabinet mendatang itu dikumpulkan dalam rangka pembekalan langsung oleh Prabowo.

Komandan Detasemen Pengawalan Khusus Menhan, Letkol Inf. G. Borlak mengatakan, jumlah menteri dan kepala lembaga yang hadir berjumlah 59. "Yang sesuai data 59 orang," kata Borlak di Hambalang, Rabu (16/10).

Borlak mengatakan, dari 59 nama tersebut terdapat mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. "Budi Gunawan (hadir)," kata Borlak.

Borlak mengatakan, para calon pejabat di Kabinet pimpinan Prabowo itu mulai berdatangan ke Hambalang sejak pukul 06.00 WIB. Adapun, pembekalan diagendakan akan dilaksanakan selama dua hari.

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan ada sejumlah pembahasan dalam pembekalan tersebut. Menurut Dahnil, pada Rabu pagi, Prabowo membuka acara dengan sambutan, dilanjutkan dengan pengenalan.

Pembahasan diawali dengan mengupas berbagai isu terkait topik geopolitik. Pertemuan hari pertama dilanjutkan dengan membahas topik kesuksesan sebuah negara pada pukul 13.30 WIB. Kegiatan diikuti dengan membahas Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang menjadi penutup hari.

Pada Kamis (17/10), artificial intelligence atau kecerdasan buatanmenjadi topik pembuka pembekalan, dilanjutkan dengan pembahasan komunikasi. Pada pukul 12.00 WIB, topik yang akan dibahas mengenai lapangan kerja masa depan, dilanjutkan dengan topik anti korupsi sebelum akhirnya penutupan.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...