16 Menteri Masuk Kabinet Prabowo Dinilai untuk Pastikan Kelanjutan Proyek Jokowi

Amelia Yesidora
17 Oktober 2024, 21:56
prabowo, jokowi, kabinet prabowo
Instagram @prabowo
Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat memberikan pembekalan kepada calon menterinya di kediamannya, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/10/2024)
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memilih dan melatih calon anggota kabinetnya. Dari lebih dari 100 calon menteri dan wakil menteri, sebanyak 16 di antaranya adalah menteri di era Jokowi. 

 Direktur Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menyebut 16 orang ini telah dipilih berdasar kinerja positif dan aspek politik Jokowi-Prabowo. Namun ia memperkirakan alasan utamanya terkait keberlanjutan program kerja Jokowi. 

 “(Pengangkatan 16 menteri Jokowi) untuk mengamankan program mecusuar bahkan yang belum tuntas. Mereka juga pasti punya tugas moril,” ujar Agung dalam sambungan telepon pada Katadata.co,id, Kamis (17/10).

Agung tak menyebutkan apa saja proyek Jokowi yang belum tuntas. Namun, salah satu proyek pemerintahan Jokowi  yang masih akan dilanjutkan adalah Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Sedangkan kinerja positif Jokowi yang Agung maksud berdasar pada tingginya angka kepuasan masyarakat atas kepemimpinan Jokowi. Parameter ini yang menurut Agung dipakai oleh Prabowo, terutama untuk menteri di bidang perekonomian. 

Di sisi lain, Prabowo juga sudah mengetahui cara kerja hingga kompetensi menteri Jokowi karena mereka bekerja bersama dalam satu periode. 

Lalu dari sisi politik, Agung menilai Jokowi sudah berinvestasi banyak bagi Prabowo. Salah satu contohnya adalah memasukkan orang dekat Ketua Umum Gerindra itu ke kabinet.

“Misalnya Wamenkeu Thomas Djiwandono, Wamenkominfo Angga Raka Prabowo. Orang-orang ini masuk kabinet untuk memastikan narasi keberlanjutan,” katanya. 

Jokowi juga menyambut baik keputusan Prabowo memboyong sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju ke kabinetnya.  Jokowi mengatakan, langkah Prabowo merupakan upaya untuk mewujudkan keberlanjutan dalam pembangunan yang dilakukan dalam sepuluh tahun ke belakang.

"Itu juga saya kira melalui pertimbangan matang, melalui seleksi dan pengalaman beliau berinteraksi selama lima tahun," kata Jokowi di Kabupaten Aceh Besar pada Selasa (15/10).

Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto
Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto (istimewa)

Adapun 16 menteri Jokowi yang dimaksud sudah dipanggil ke kediaman Prabowo di Jl. Kertanegara no. 4, Jakarta. Mereka diisukan bakal menjadi menteri di kabinet sebelumnya. Berikut daftar namanya:

  1. Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurthi Yudhoyono
  2. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
  3. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
  4. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia
  5. Menteri Sekretaris Negara Pratikno
  6. Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. 
  7. Menteri BUMN Erick Thohir
  8. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
  9. Menteri Keuangan Sri Mulyani
  10. Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas
  11. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
  12. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono
  13. Menteri Pertanian Amran Sulaiman
  14. Menteri Investasi Rosan Roeslani
  15. Menteri Sosial Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul
  16. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...