Prabowo Janji RI Swasembada Pangan dan Jadi Lumbung Pangan Dunia 4 Tahun Lagi

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Oktober 2024, 12:06
Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato usai dilantik pada sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato usai dilantik pada sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Prabowo Subianto meyakini rezim pemerintahannya dapat mewujudkan swasembada pangan secara nasional dalam empat tahun ke depan. Dia bahkan optimistis Indonesia bisa jadi lumbung pangan dunia.

Prabowo menyampaikan hal tersebut saat menyampaikan Pidato Awal Masa Jabatan Presiden di dalam Sidang Paripurna MPR pelantikan presiden pada Ahad (20/10).

Dia menganggap kondisi swasembada pangan krusial untuk mengurangi impor pangan. Hal itu terutama dalam menghadapi potensi krisis global saat negara lain tidak mau mengekspor pangan karena lebih fokus pada kebutuhan mereka sendiri.  

“Saudara-saudara sekalian, saya telah mencanangkan bahwa Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Kita tidak boleh tergantung sumber makanan dari luar,” kata Prabowo.

Prabowo menekankan upaya mencapai ketahanan pangan merupakan prioritas nasional yang tidak bisa ditunda, terutama dalam situasi genting seperti krisis dan meningkatnya tensi geopolitik belakangan ini.

“Dalam krisis, dalam keadaan genting, tidak ada yang akan mengizinkan barang-barang mereka untuk kita beli. Karena itu, tidak ada jalan lain dalam waktu sesingkat-singkatnya, kita harus mencapai ketahanan pangan,” ujar Prabowo.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Partai Gerindra itu juga berkeinginan untuk mewujudkan swasembada energi nasional. Prabowo mengaitkan hal itu dengan  situasi dunia yang semakin tidak menentu saat ini.

Menurut Prabowo, kondisi ketegangan geopolitik global dan potensi perang di masa depan menyebabkan negara-negara cenderung akan mengutamakan kebutuhan dalam negeri masing-masing.

“Kita juga harus swasembada energi, dalam keadaan ketegangan, dalam keadaan kemungkinan terjadi perang di mana-mana, kita harus siap dengan kemungkinan yang paling jelek, dimana negara-negara lain harus memikirkan kepentingan mereka sendiri,” kata Prabowo.

Prabowo menyebutkan Indonesia punya modal sumber daya alam yang kuat untuk mencapai ketahanan domestik. Dia menyebut kelapa sawit dapat diolah menjadi bensin dan solar, serta sumber pangan alternatif seperti singkong, sagu, jagung hingga tebu.

Lebih jauh, ia menuturkan sumber daya batu bara, air, dan panas bumi merupakan modal Indonesia untuk menjadi negara mandiri energi. “Saudara-saudara sekalian, pemerintah yang saya pimpin nanti akan fokus untuk mencapai swasembada energi,” kata Prabowo.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...