Prabowo Antar Jokowi ke Bandara Halim, Lepas Kepulangan Kembali ke Solo

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Oktober 2024, 15:48
Prabowo antar kepulangan Jokowi ke Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (20/10)
Antara
Prabowo antar kepulangan Jokowi ke Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (20/10)
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden RI Prabowo Subianto bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju 2019–2024 melepas keberangkatan Presiden Ke-7 RI Joko Widodo di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (20/10). Jokowi akan kembali ke Solo, Jawa Tengah usai mengakhiri masa tugas sebagai Presiden RI ke-7 periode 2014-2024. 

Prabowo dan Jokowi duduk bersandingan di kursi belakang kendaraan tempur Maung MV3 Garuda Limousine saat meninggalkan Istana Negara. Rombongan yang dikawal oleh pasukan pengamanan presiden presiden (Paspamres) itu berangkat dari Istana sekira pukul 14.15 WIB lewat gerbang Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara. 

Sementara itu, Irina menempati mobil terpisah di belakangnya. Proses lepas-sambut itu diwarnai dengan penampilan marching band kepresidenan Paspampres dan 21 dentuman meriam.  Prabowo dan iring-iringan pengantaran Jokowi dijadwalkan kembali tiba di Istana sekira pukul 15.40 WIB.

Presiden Prabowo dan Jokowi tiba di Lanud Halim sekitar pukul 14.45 WIB. Jokowi pulang ke Solo dengan didampingi Ibu Iriana Joko Widodo beserta sejumlah tim protokol dan dikawal sejumlah personel Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Sementara para mantan menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang ikut hadir di Lanud Halim, di antaranya Pratikno, Muhadjir Effendy, Sandiaga Uno, Zulkifli Hasan, Erick Thohir, Budi Gunadi Sadikin, Budi Arie, Airlangga Hartarto, dan Tito Karnavian. Selain itu, tampak juga Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep beserta istri, serta menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Presiden Prabowo dan mantan menteri KIM mengantar Jokowi hingga ke landasan Lanud Base Ops Halim Perdanakusuma. Kepulangan Jokowi ke Solo juga ditandai dengan atraksi flypass atau aksi terbang formasi yang dilakukan pesawat-pesawat militer.

Sebelum menuju pesawat, Jokowi didampingi Presiden Prabowo menyempatkan waktu untuk bertanya jawab dengan awak media sekitar dua menit sebelum berpamitan dengan para pengantar. Jokowi mengatakan bahwa menjalani tugas negara merupakan amanat yang sangat besar karena bertanggung jawab kepada seluruh persoalan masyarakat. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu turut mendoakan Prabowo agar dapat diberikan kekuatan untuk memimpin Indonesia. “Saya serahkan seutuhnya impian, harapan dan cita-cita besar dari 248 juta rakyat Indonesia kepada Bapak Presiden Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto,” kata Jokowi di Halim.

Jokowi juga menyampaikan pesan kepada masyarakat agar senantiasa rukun, bersatu dan saling merangkul dalam membangun negeri. “Saya mendoakan yang terbaik,” kata Jokowi.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, mengatakan bahwa Jokowi dan Iriana akan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara untuk kembali ke Solo. Para Menteri Kabinet Indonesia Maju juga ikut melepas keberangkatan Jokowi ke Solo di Bandara Halim sore ini. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...