Prabowo Umumkan Daftar Menteri di Kabinet Malam Ini Usai Jamu Tamu Negara

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Oktober 2024, 16:43
Prabowo
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Presiden Prabowo Subianto (kiri) dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka (kanan) menerima berita acara pelantikan mereka dari pimpinan MPR pada sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Prabowo Subianto dijadwalkan mengumumkan formasi kabinet menteri dan kepala lembaga di Istana Merdeka Jakarta pada Minggu (20/10), malam. Pengumuman tersebut akan berlangsung setelah agenda makan malam atau gala dinner. 

Merujuk agenda Prabowo hari ini, gala dinner akan mulai berlangsung pada pukul 19.00 hingga 19.50 WIB.  Agenda gala dinner dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan tarian penyambutan tamu agung. 

Kemudian, ada pidato atau arahan pengantar dari Prabowo dan ditutup dengan makan malam yang diiringi oleh orkestra Universitas Pertahanan (Unhan) dan pemutaran video selayang pandang.

Kabar Prabowo bakal mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya pada minggu malam akhir pekan ini sebelumnya disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. "Dinner kepala negara dan setelah itu mengumumkan kabinet," kata Muzani di kompleks parlemen Senayan Jakarta pada Sabtu (19/10).

Prabowo sebelumnya telah memberikan pembekalan terhadap calon menteri dan kepala lembaga di kediamannya yang terletak di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10). Saat itu, Prabowo memberi arahan berbagai topik: geopolitik, geoekonomi, kecukupan gizi masyarakat, hingga program makan bergizi gratis yang menjadi janji kampanye pemimpin terpilih.

Selanjutnya pada Kamis (17/10) Prabowo melanjutkan pembekalan kepada calon wakil menteri dan staf presiden. Setelah pengumuman nama-nama yang akan dilibatkan dalam presiden, selanjutnya Prabowo akan melantik pejabat menteri dan wakil menteri pada Senin (21/10). 

Para pejabat yang terpilih selanjutnya akan menjalani pembekalan lanjutan yang dilaksanakan di Magelang Jawa Tengah. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...