Deret Janji Pramono-Doel di Debat Kedua Pilgub: Sarapan Gratis, Beri Modal UMKM

Ade Rosman
28 Oktober 2024, 13:04
UMKM
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Warga membawa poster saat menyambut calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung di Kampung Apung, Kapuk Teko, Jakarta, Jumat (25/10/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta di Beach City International Stadium, Jakarta Utara, Minggu (27/10) malam. Dalam debat kedua itu, ketiga pasangan calon yang terdiri dari Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno beradu gagasan dengan tema ekonomi dan kesejahteraan sosial. 

Dalam debat kedua tersebut, ketiga pasangan calon menjanjikan sejumlah program yang ditujukan untuk masyarakat dari segi ekonomi, kesehatan, dan jaminan sosial lainnya. Berdasarkan rangkuman Katadata.co.id, berikut program yang dijanjikan pasangan calon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno dalam debat kedua tersebut. 

Sarapan Gratis 

Pramono Anung menjanjikan akan memberikan sarapan gratis jika terpilih menjadi Gubernur Jakarta 2024-2029. Pasangan nomor urut 3 ini menyebut program sarapan gratis bisa jadi penopang program makan bergizi gratis Presiden Prabowo Subianto. 

"Saya kebetulan dari keluarga yang sangat sederhana, untuk itu, kami akan menunjang program yang dilakukan oleh pemerintah pusat, oleh Presiden Prabowo Subianto yaitu makan siang gratis, maka kami akan berikan sarapan gratis di pagi hari," kata Pramono.

Ia beranggapan, sarapan gratis sangat dibutuhkan oleh masyarakat Jakarta. 

Beri Modal Rp 300 Miliar untuk UMKM 

Pramono mengatakan akan memberikan dana hibah senilai Rp 300 miliar untuk membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jakarta,  khususnya yang diinisiasi oleh perempuan.

"Mengenai Rp 300 M, nanti kami konsentrasikan kalau memang saya dan Bang Doel (Rano Karno) menjadi gubernur dan wakil gubernur, terutama untuk UMKM. Dan UMKM penggerak utamanya adalah kaum perempuan," kata Pramono.

Pramono menilai, persoalan perekonomian di Jakarta saat ini mencakup UMKM yang menjadi sumber penghasilan perempuan. Ia mengatakan, dana tersebut nantinya bersifat hibah sehingga harus dipertanggungjawabkan karena menjadi membantu perputaran uang.

Atasi Stunting 

Pramono berkomitmen akan mengatasi stunting dengan mempersiapkan aksi seribu pertama kehidupan. "Yang paling penting jangan sampai bayi itu terkena stunting, karena di Jakarta masih cukup tinggi sekitar 14 persen," kata Pramono.

Pramono menyebut, penanganan stunting tertuang dalam Undang-Undang nomor 4 tahun 2024 tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak, salah satunya mengenai menjaga bayi dalam seribu hari pertama kehidupan.

Pramono mengatakan, Pemprov Jakarta harus menyediakan tempat penitipan anak, ruang laktasi, juga posyandu sebagai bentuk aksi mengatasi stunting. 

Janji Bangun RSUD di Cakung 

Pramono menjanjikan akan memperbaiki seluruh Puskesmas d Jakarta dan membangun RSUD Cakung di Jakarta Timur bila terpilih menjadi Gubernur Jakarta 2024-2029. 

“Kami akan memperbaiki puskesmas yang ada memberikan pelayanan yang lebih baik, secara khusus saya akan membangun rumah sakit yang ada di Cakung karena kepadatan penduduk, Cakung sangat membutuhkan rumah sakit daerah,” kata Pramono. 

Pramono juga mengatakan, ia bersama Rano Karno menjanjikan perawatan khusus lansia dengan membentuk pasukan putih. 

“Kami juga akan memiliki pasukan putih yang akan khusus untuk para lansia, karena lansia perlu pelayanan juga di rumah masing-masing, maka kami akan adakan jemput bola,” kata dia.

Di sisi lain, ia juga menjanjikan kenaikan upah bagi para jumantik, dasawisma, hingga guru honorer hingga dua kali lipat

“Jumantik, dasa wisma maka kami akan berikan insentif dua kali dari sekarang, RT akan menjadi dua kali, Rp 2 juta menjadi 4 juta, RW dari Rp 2,5 juta menjadi 5 juta. Guru honorer rata-rata mereka hanya menerima Rp 2 juta maka kami akan berikan UMP Rp 5 juta,” kata Pramono.




Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...