Menteri Ekraf: Mereka yang Bisa Memrediksi Tren Akan Jadi Pemimpin

Image title
27 November 2025, 12:22
Trend Maker Summit 2025
Katadata
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Perubahan global mempercepat disrupsi digital, teknologi baru dan juga perubahan ekspektasi konsumen yang membentuk ulang industri  dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya..

Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya mengungkapkan, untuk mengantisipasi hal tersebut, mereka yang bisa memrediksi tren akan akan jadi pemimpin.  Sementara, yang menunda akan menjadi pengikut.

`Kita sudah lihat bagaimana Aura Farming dari perlombaan Pacu Jalur menjadi fenomena global dan viral di media sosial dan ditiru oleh selebriti internasional, atlet dan juga influencer. Ekspresi budaya spontan ini menarik  perhatian global, meningkatkan liputan media internasional, dan secara signifikan meningkatkan jumlah pengunjung asing ke festival. Hal ini menunjukkan bagaimana kreativitas lokal, ketika diperkuat oleh platform digital, dapat memperoleh relevansi global dan menciptakan dampak ekonomi yang besar bagi komunitas,` kata Teuku Riefky saat menjadi pembicara kunci di acara Tren Maker Summit 2025 yang diselenggarakan oleh Katadata Indonesia, OMG Consulting dan TrendWatching di Jimbaran, Bali, Kamis (27/11/2025).

Teuku  Riefky menambahkan, fenomena Aura Farming menjadi kekuatan ekonomi kreatif Indonesia di mana keaslian budaya bertemu dengan visibilitas digital dan kreativitas menjadi kekuatan ekonomi.

Menurut dia, Trend Maker Summit 2025 memainkan peran penting dalam memberikan wawasan untuk tahun 2026 dan menyoroti tren dan inovasi yang sedang berkembang di Indonesia.

`Summit ini lebih dari sekadar forum. Ini adalah komitmen terhadap inovasi dan masa depan ekonomi kreatif Indonesia. Saya mengapresiasi  Katadata dan OMG atas inisiatifnya menyelenggarakan acara Trend Maker Summit 2025. Ini penting karena bagaimana semua pihak termasuk Katadata, OMG, pemerintah, akademisi,  kita semua punya semangat yang sama yaitu bagaimana Indonesian IP bisa go global,` kata Teuku Riefky.

Dia menambahkan, saat ini sudah banyak Indonesian IP yang go global seperti makanan, fashion, kuliner dan juga film. Terakhir, film animasi Jumbo berhasil menembus pasar internasional.

`Karena IP Indonesia saat ini sudah mulai merambah ke dunia internasional, dan itu peluangnya sangat besar. Nah tentu, ini dampaknya akan sangat luar biasa terhadap investasi kita, ekspor kita, lapangan kerja kita, begitu juga kontribusinya terhadap PDB,` pungkas Teuku Riefky.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...