Indonesia Siap Kirim 51 Ton Bantuan dan Kapal Rumah Sakit ke Gaza

Desy Setyowati
4 November 2023, 12:02
Bantuan untuk palestina, palestina, gaza
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Presiden Joko Widodo (kiri) meninjau bantuan untuk Palestina didampingi Menlu Retno Marsudi (kanan) di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Pemerintah Indonesia menyiapkan 51,5 ton bantuan untuk warga Palestina di Gaza. Selain itu, akan mengirimkan kapal rumah sakit untuk perawat pengungsi korban perang.

Menteri Pertahanan atau Menhan Prabowo Subianto mengatakan Pemerintah Indonesia tengah berkoordinasi dengan negara-negara di sekitar Gaza, Palestina, termasuk Mesir, untuk pengiriman kapal rumah sakit itu.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, terutama Mesir dan negara-negara lain untuk memungkinkan korban-korban yang bisa kami evakuasi," kata Prabowo usai acara pelepasan bantuan ke Gaza di Base Ops Pangkalan Udara atau Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11).

"Kemudian, kami berkoordinasi dengan Mesir. TNI siap mengirim kapal rumah sakit. Kapal rumah sakit standby di sana untuk memberi bantuan lebih banyak,” Prabowo menambahkan.

Kemenhan juga sudah menginformasikan kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun bahwa Pemerintah membuka semua rumah sakit untuk menerima pasien-pasien dari Palestina.

Prabowo mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau keberangkatan dan melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...