PDIP Sentil Jokowi Soal Pernyataan Kecurangan Pemilu

Ade Rosman
15 Februari 2024, 18:29
pdip, jokowi, kecurangan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat konsolidasi Tim Pemenangan Nasional (TPN), Ganjar-Mahfud MD di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2023).
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto kristiyanto merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut jangan koar-koar ada kecurangan di Pemilu. Hasto beranggapan pernyataan Jokowi itu hanyalah sikap normatif.

"Di dalam praktik kita tahu ketika kepala desa dimobilisasi, kemudian mendapatkan ancaman, pelanggaran-pelanggaran nyata, akhirnya banyak pihak yang menilai meragukan terhadap independensi dari pengawas pemilu," kata Hasto kepada wartawan di Gedung High End, Jakarta Pusat, Kamis (15/2).

Hasto mengatakan atas kondisi tersebut, masyarakat kini menjadi pengawas demokrasi. "Di dalam politik itu berlaku bahwa benar tidaknya suatu politik, itu akan ditentukan waktu kemudian," katanya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa tak perlu membunyikan tentang kecurangan dalam Pemilu. Menurutnya, saat ini terdapat lembaga yang bisa menjadi tempat aduan untuk melaporkan dugaan kecurangan tersebut.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana gunakan hak suaranya
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana gunakan hak suaranya (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.)

"Saya kira sudah diatur semuanya kok. Jadi janganlah teriak-teriak curang. Ada bukti, langsung bawa ke Bawaslu. Ada bukti, bawa ke MK," kata Jokowi setelah menghadiri IIMS di JI Expo, Jakarta, Kamis (15/2).

Pada kesempatan yang sama, Jokowi meragukan adanya kecurangan di TPS. Pasalnya, terdapat pengawasan berlapis di setiap TPS yang diwakili oleh setiap kubu yang berlaga.

"Saya kira pengawasan yang berlapis-lapis seperti ini akan menghilangkan adanya kecurangan, tetapi kalau memang ada betul, ada mekanisme untuk ke Bawaslu," katanya. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...