Kuota Mudik Gratis Kapal Laut 2019 Akan Ditambah 3 Kali Lipat

Image title
20 Juni 2018, 18:22
Pemudik Kapal Laut
ANTARA FOTO/Moch Asim
Sejumlah penumpang turun dari Kapal Pelni KM Labobar saat tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/6). Berdasarkan data dari Pelindo III hingga 10 Juni 2018 atau H-4 jumlah pemudik tercatat sebanyak 44.657 orang yang terdiri dari 33.958 penumpang turun, 7.370 penumpang naik dan 3.329 penumpang lanjut.

Kementerian Perhubungan berencana akan menambah kuota mudik gratis menggunakan kapal laut pada Lebaran tahun depan hingga tiga kali lipat. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah mengurangi kepadatan arus mudik di jalur darat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tahun ini pemerintah memberikan kuota mudik gratis kapal laut sebanyak 30 ribu penumpang, serta menyediakan tempat untuk 15 ribu sepeda motor. Tahun depan kuotanya akan ditambah hingga mencapai 100 ribu penumpang.  

“Cuma akan dilihat lagi ketersediaan kapalnya. Keluhan dari pemudik itu adalah sosialisasinya belum maksimal,” ujar Budi usai menyambut pemudik yang kembali menggunakan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/6).

(Baca: Kemenhub Siapkan Kapal Mudik Gratis Tampung Ribuan orang)

Tingkat okupansi mudik gratis menggunakan kapal laut yang tinggi pada tahun ini, akan menjadi modal pemerintah meningkatkan kapasitas angkutan mudik gratis tahun depan. Okupansi dari penumpang kapal laut gratis ini mencapai 90 persen saat arus mudik, sedangkan untuk arus baliknya baru mencapai 70-75 persen.

Tahun ini, mudik gratis menggunakan kapal berngkat dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta hanya menuju Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang. Namun, Budi memberikan sinyal untuk menambah rute perjalanan ke Pelabuhan Panjang di Bandar Lampung.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...