Telkom Buka Blokir, Netflix Janji Hadirkan Lebih Banyak Film Indonesia

Pelanggan IndiHome, Telkomsel dan Wifi.id bisa mengakses platform Netflix mulai hari ini. Netflix berjanji akan memperbanyak film Indonesia di platform.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
7 Juli 2020, 17:35
Telkom Buka Blokir, Netflix Janji Hadirkan Lebih Banyak Film Indonesia
123RF.com/Charnsit Ramyarupa
Ilustrasi Netflix

Telkom Group akhirnya membuka blokir layanan Video on Demand (VoD) Netflix pada hari ini. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini pun berjanji untuk menampilkan lebih banyak film lokal di Indonesia.

Netflix menyambut baik langkah Telkom membuka blokir atas layanannya. Dengan begitu, pelanggan IndiHome, Telkomsel dan Wifi.id dapat mengakses tayangan Netflix mulai dari serial televisi, dokumenter, serta film lokal dan internasional.

"Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggemar hiburan di Indonesia dengan menambahkan lebih banyak film lokal. Juga meningkatkan pengalaman pengguna, serta mengembangkan kerja sama dengan mitra-mitra di Indonesia," ujar Business Development Manager Netflix Tizar Patria dikutip dari siaran pers, Selasa (7/7).

(Baca: Telkom Jajaki Buka Blokir Netflix karena Dua Faktor)

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, perusahaan mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan oleh Netflix. Salah satunya, Netflix menunjukkan komitmennya untuk dapat diterima masyarakat Indonesia.

Perusahaan VoD itu memastikan ketersediaan tools pada sistem untuk membatasi akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control). Netflix juga menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan.

Netflix juga berkomitmen untuk sesegera mungkin mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah dalam waktu 24 jam. (Baca: Menyoal Blokir Telkom terhadap Netflix, Kinerja hingga Pajak Digital)

 

Netflix juga menyepakati komitmen kepatuhan pada Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN. Salah satu kesepakatannya yakni tidak menayangkan prohibited content atau konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Telkom menilai itikad baik Netflix itu sebagai peluang meningkatkan kualitas layanan melalui ragam konten hiburan, termasuk film lokal. Namun, dengan tetap berkomitmen mengedepankan kenyamanan dan perlindungan terhadap pelanggan.

”Kemitraan ini merupakan upaya menumbuhkan bisnis digital dan terus menjaga excellent customer experience Telkom Group dengan menyediakan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses konten berkualitas,” ujar Arief.

Telkom berharap, Netflix dapat lebih berperan terhadap kemajuan industri film nasional ke depan. (Baca: Buka Blokir Netflix di Telkomsel & Indihome, Ini Tiga Syarat Telkom)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait