Kampus di Masa Pandemi: Pendapatan Turun, Uang Kuliah Minta Dipotong

Fahmi Ahmad Burhan
8 Agustus 2020, 14:25
Mahasiswa Tuntut UKT Turun, Pendapatan Kampus Anjlok saat Pandemi
ANTARA FOTO/Feny Selly/hp.
Ilustrasi, sejumlah peserta wisuda mengikuti prosesi dari kamar kontrakan pada gelaran Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-73 di Rektorat UIN Raden Fatah Palembang, Sumsel, Sabtu(4/7/2020).

Mahasiswa di beberapa perguruan tinggi menuntut agar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dikurangi selama pandemi corona. Di satu sisi, sebagian universitas mengaku pendapatannya anjlok akibat Covid-19.

Ketua Program Studi Manajemen Universitas Surabaya (UBAYA) Deddy Marciano menyebutkan beberapa faktor penyebab pendapatan turun. Pertama, peserta Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berkurang dari 714.652 peserta pada 2019 menjadi 702.927 tahun ini.

Advertisement

"Minat masuk perguruan tinggi negeri berkurang, apalagi swasta," ujar Deddy saat mengikuti seminar virtual bertajuk ‘challenges in education sector’, Sabtu (8/8).

Kedua, biaya kuliah mahasiswa sudah ada yang berkurang. Salah satu penyebabnya, layanan pembelajaran reguler kepada mahasiswa tidak optimal.

Pemerintah juga mengeluarkan aturan keringanan UKT bagi mahasiswa yang terkena dampak pandemi virus corona. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun 2020. 

Padahal, mayoritas kampus di Indonesia mengandalkan pendapatan dari yang dibayarkan oleh mahasiswa. "Sekitar 60-90% pendapatan bersumber dari mahasiswa," kata Deddy. 

Meski begitu, mahasiswa di beberapa universitas menuntut agar UKT dikurangi. Mereka di antaranya mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement