Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Sumatera Barat

Image title
Oleh Antara
25 Februari 2022, 09:19
Gempa bumi, gempa sumatera, gempa,
BMKG
Gempa bumi bermagnitudo 6,2 mengguncang Sumatera Barat pada Jumat (25/2/2022)

Gempa bumi bermagnitudo 6,2 mengguncang Sumatera Barat, tepatnya 17 km timur laut Pasaman Barat pada Pukul 08.39 WIB, hari ini (25/2).

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa berlokasi di 0.15 derajat Lintang Utara, 99.98 derajat Bujur Timur pada kedalaman 10 km. Lindu ini tidak berpotensi tsunami.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyampaikan, jenis gempa magnitudo 6,2 ini gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake. Ini dipicu oleh aktivitas sesar aktif (active fault).

“Gempa kerak dangkal magnitudo 6,2 ini dipicu oleh aktivitas Sesar Besar Sumatera tepatnya pada segmen angkola bagian selatan, diperkirakan berpotensi kerusakan,” kata Daryono melalui akun Twitter-nya @DaryonoBMKG.

Namun ia belum mendapatkan informasi mengenai korban jiwa maupun bangunan yang terkena dampak gempa.

Ia juga menyampaikan, gempa itu tidak berpotensi tsunami karena terjadi di darat. Selain itu, “kekuatannya belum merupakan gempa yang menjadi pembangkit tsunami yakni magnitudo di atas 7,” kata dia dalam wawancara dengan KompasTV.

 

Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono menyampaikan, karena tanah di sekitar lokasi gempa mudah diolah, maka guncangannya sangat besar. "Semoga tidak ada dampak signifikan," ujar dia dalam wawancara dengan KompasTV.

Ia juga memperkirakan ada gempa susulan, karena energinya besar yakni magnitudo 6,2. "Semoga intensitas dan energinya menurun," kata dia.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...