Terjadi Hampir 3.000 Kecelakaan Lalu Lintas Selama Mudik Lebaran

Desy Setyowati
4 Mei 2022, 07:40
mudik lebaran, mudik, arus balik, lebaran, kecelakaan saat mudik,
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Sejumlah kendaraan pemudik antre untuk naik ke atas KMP Batum Andi di dermaga Eksekutif, Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (30/4/2022).

Posko Operasi Ketupat 2022 mencatat terjadi 2.945 kecelakaan lalu lintas di jalan tol dan non-tol selama arus mudik lebaran atau 23 April hingga 2 Mei. Paling banyak terjadi di luar jalan tol.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo, kecelakaan tersebut terdiri atas 51 di jalan tol dan 2.894 non-tol. "Angka ini turun 1% jika dibandingkan 2021 ketika ada larangan mudik bagi masyarakat," katanya dikutip dari Antara, Selasa (3/4).

Advertisement

Jumlah korban meninggal dunia dan luka ringan akibat kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebaran juga menurun. "Untuk luka berat ada peningkatan," ujar Dedi.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, Dedi menyampaikan bahwa Korlantas Polri mengimbau seluruh masyarakat yang akan balik mudik untuk menghindari puncak arus balik. Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei.

"Bisa dipertimbangkan oleh warga setelah silaturahmi dengan keluarga, bisa dimanfaatkan waktu pulang lebih awal. Kalau memang waktunya cukup bagi yang cuti, bisa pulang setelah 9 Mei," ujar Dedi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement