Mengenal Meteor dan Meteorit Beserta Jenis-Jenisnya

Image title
23 Februari 2022, 11:34
Fenomena hujan meteor Geminid pada 2014
Flickr/Jeff Sullivan
Fenomena hujan meteor Geminid pada 2014

Ruang angkasa terdiri dari berbagai benda yang menarik untuk diteliti, salah satunya meteor. Meteor adalah benda angkasa yang meluncur di angkasa luar, masuk ke dalam atmosfer dan menyala karena gesekan udara, pada umumnya habis terbakar sebelum mencapai permukaan bumi, dan apabila masih bersisa benda itu jatuh sebagai meteorit.

Meteor merupakan meteoroid yang bergesekan dengan atmosfer bumi. Meteor dikenal dengan sebutan bintang jatuh. Meteor dapat jatuh ke bumi karena tertarik oleh gravitasi bumi. Ketika memasuki atmosfer bumi, meteor akan memanas dan sebelum terbakar habis akan tampak jejak seperti ekor berkilau. Meteor tersusun dari bebatuan dan bongkahan logam seperti besi serta nikel.

Jenis-Jenis Meteor

Melansir National Geographic, meteor diklasifikasikan berdasarkan ukuran, kecerahan, dan kedekatannya dengan Bumi. Adapun jenis-jenis meteor dijelaskan sebagai berikut.

1. Earthgrazers

Earthgazers adalah adalah meteor yang melesat dekat cakrawala dan dikenal karena ekornya yang panjang dan berwarna-warni. Beberapa earthgazers terpental dari atmosfer atas Bumi dan masuk kembali ke luar angkasa. Earthgazers lainnya pecah di atmosfer dan melesat di langit sebagai bintang jatuh.

Meteor earthgazers yang terkenal adalah "1972 Great Daylight Fireball" yang memasuki atmosfer di atas negara bagian Utah, AS dan melesat di langit dengan kecepatan 15 kilometer per detik lalu keluar dari atmosfer di atas provinsi Kanada Alberta.

2. Fireballs

Fireballs adalah meteor yang lebih besar dengan ukuran sebesar bola basket hingga mobil kecil. Meteor fireballs memiliki cahaya yang lebih terang dan tahan lama dibandingkan dengan earthgazers.

Persatuan Astronomi Internasional menggambarkan fireballs sebagai "meteor yang lebih terang daripada planet mana pun." Fireball merupakan jenis meteor yang paling umum.

3. Bolides

Bolide adalah jenis meteor yang lebih terang dan masif dari fireball dan sering meledak di atmosfer. Ledakan ini dapat didengar dan bahkan dirasakan di permukaan bumi. Beberapa astronom mengklasifikasikan bolides sebagai bola api yang menghasilkan ledakan sonik saat melesat melintasi atmosfer.

Jenis bolide yang dikenal sebagai superbolide bersinar sangat terang dan menciptakan ledakan besar sehingga berbahaya bagi alam dan manusia. Meteor superbolide yang melintas di Chelyabinsk, Rusia pada 2013 meledak dengan energi sekitar 500 kiloton TNT. Gelombang kejutnya menghancurkan jendela pada ribuan gedung apartemen dan melukai lebih dari 1.200 orang karena cedera.

Meteor Chelyabinsk sangat terang, sinarnya 30 kali lebih terang dari matahari pada saat teriknya, sehingga membuat orang-orang mengalami luka bakar pada kulit dan retina. Para ilmuwan terus mempelajari peristiwa Chelyabinsk untuk lebih memahami betapa rentannya kehidupan manusia terhadap tabrakan objek luar angkasa dan untuk mengembangkan teknologi untuk melindungi Bumi dari tabrakan tersebut.

Hujan Meteor

Mengutip Kuark - Gemerlap Hujan Meteor, hujan meteor adalah peristiwa masuknya meteor ke atmosfer dalam jumlah banyak. Jumlahnya bisa mencapai 100 meteor tiap jam. Hujan meteor diberi nama sesuai konstelasi di mana meteor tampaknya berasal. Contohnya Hujan Meteor Orionids yang terjadi pada bulan Oktober setiap tahun, berasal dari dekat konstelasi Orion the Hunter.

Menurut NASA, sekitar 30 hujan meteor terjadi setiap tahun dan dapat terlihat oleh pengamat di Bumi. Beberapa dari hujan meteor tersebut telah berusia lebih dari 100 tahun. Mengutip Astronomy.com, pengamatan meteor dimulai pada tahun 1833, ketika terjadi hujan meteor sejumlah 60.000 meteor per jam mengejutkan dunia.

Pada tahun 1860-an, para astronomer menyimpulkan bahwa hujan meteor terjadi setiap tahun. Hujan meteor terjadi ketika Bumi melintas paling dekat dengan orbit komet. Sebagian besar meteor yang terlihat berupa partikel halus yang tidak lebih besar dari butiran pasir.

Ketika sebuah partikel memasuki atmosfer bumi, mereka bertabrakan dengan atom dan molekul gas. Partikel berpendar dalam selubung bercahaya dari udara panas dan bahan yang menguap dari permukaannya sendiri.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...