PAN Usulkan Duet Ganjar - Erick Thohir, PDIP Singgung Etika Politik

Ade Rosman
28 Februari 2023, 08:42
pdip, pan, ganjar pranowo, erick thohir
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) menari bersama usai upacara peringatan ke-94 Hari Sumpah Pemuda di alun-alun kota Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2022).

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Sadarestuwati menyinggung etika politik Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) usai munculnya nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sebagai calon pasangan yang diusulkan.

"Etika politik sangat penting dan harus dikedepankan. Jangan sampai main serobot," kata Sadarestuwati, Senin (27/2). Apalagi, "Pak Ganjar masih kader dan petugas partai PDIP.”

Sebelumnya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengumumkan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo dan Erick Thohir dalam rapat koordinasi nasional partainya di Semarang, Minggu (26/2).

"Jalan-jalan ke Simpang Lima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insha Allah Indonesia tambah jaya,” kata Zulkifli disambut tepuk tangan ribuan kader yang menghadiri rakornas.

PPP yang juga tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan PAN dan Golkar tidak mempermasalahkan usulan tersebut.

Wakil ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan, usulan pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden bisa dibawa ke forum musyawarah KIB.

Arsul menilai, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir merupakan tokoh yang populer dan juga potensial.

"Nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir populer sebagai sosok potensial oleh jajaran PPP di berbagai daerah dan disuarakan sebagai bacapres dan bacawapres," katanya. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...