PDIP Sindir Manuver Partai Lain, Sebut Terlalu Sibuk Urus Capres

Ade Rosman
23 Februari 2023, 19:42
PDIP
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) dan Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat (kiri) memberi sambutan saat kegiatan Pendidikan Kaderisasi Perempuan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto menyinggung partai politik yang mulai sibuk bermanuver politik. Pasalnya, Hasto menganggap riuh pemilu dimulai terlalu cepat sedangkan pemilu dan pemilihan presiden baru berlangsung Februari 2024 mendatang.

"Genderang pilpres ditabuh terlalu awal, padahal Indonesia ada persoalan-persoalan fundamental," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Kamis (23/2).

Ia mengatakan, seharusnya partai politik masih berfokus mencari solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Dia menilai manuver sejumlah partai yang telah rajin melakukan kunjungan politik terlalu dini. Padahal menurut dia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menentukan tahapan-tahapan pemilu. 

"Buat apa kita membentuk KPU kalau kita tidak mentaati tahapan-tahapan yang ditetapkan oleh KPU hanya karena ambisi untuk mendapatkan coattail effect," kata Hasto.

Sebelumnya sejumlah partai memang telah mendeklarasikan dukungan terhadap calon presiden tertentu. Di sisi lain KPU menetapkan pendaftaran calon presiden dalam tahapan resmi pemilu baru dimulai pada 19 Oktober mendatang. 

 Partai Gerindra telah mendeklarasikan dukungan untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai capres. Sedangkan Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera telah mendeklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan sebagai calon presiden. 

Partai lain yang juga telah mendeklarasikan dukungan calon presiden adalah Partai Golkar dengan mengusung Airlangga Hartarto. Sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa mengusung Muhaimin Iskandar sebagai capres. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...