Menlu Retno Marsudi: Kepemimpinan Negara Berkembang Satukan Dunia

Patricia Yashinta Desy Abigail
20 Maret 2023, 07:45
Retno Marsudi, mangkunegaran
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan hasil ASEAN Foreign Minister Meeting (AMM) Retreat 2023 dalam konferensi pers di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Sabtu (4/2/2023).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan sambutan dalam acara Katadata CEOs Mangkunegaran Royal Dinner. Ia mengatakan, kepemimpinan negara berkembang menyatukan dunia.

Ia bercerita perjalanan penyelenggaraan G20 akhir tahun lalu di tengah pesimisme beberapa pihak, masalah internal dan eksternal.

Advertisement

Belum lagi, ada tantangan dari sisi geopolitik maupun geoekonomi, termasuk perang Rusia dan Ukraina yang mempertajam polarisasi dunia.

"Di dalam kawasan indopasifik, polarisasi ikut dirasakan dan apabila tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, rivalitas ini dapat dengan mudah berubah menjadi konflik terbuka atau bahkan perang," kata Retno Marsudi dalam acara Katadata CEOs Mangkunegaran Royal Dinner, Minggu (19/3).

Retno Marsudi menyampaikan, ketidakpastian dunia dengan mudahnya memengaruhi situasi ekonomi dunia. Pertumbuhan ekonomi global misalnya, IMF tiap tahun mengoreksi proyeksi mulai dari 6% pada 2021, 3,2% pada tahun lalu hingga 2,7% pada 2023.

"Belum lagi minggu lalu Silicon Valley Bank bangkrut. Tentunya akan ada dampak bagi ekonomi dunia. Tahun lalu, ada isu krisis pangan dan krisis energi,"kata Retno.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement