Pria asal Riau Jadi Pengisi Ceramah di Masjid Nabawi

Desy Setyowati
10 Juni 2023, 16:25
 Masjid Nabawi, Madinah
ANTARA/Nur Istibsaroh
Pria asal Riau Ariful Bahri menjadi pengisi kajian keislaman di Masjid Nabawi, Madinah

Pria asal Riau Ariful Bahri menjadi pengisi kajian keislaman di Masjid Nabawi, Madinah. Topik yang dibahas seputar manasik haji.

Lulusan S1 sampai S3 jurusan Syari'ah Universitas Islam Madinah (UIM) itu mengisi kajian di pintu 19. Letaknya tidak jauh dari pintu utama masjid Nabawi.

Mayoritas yang mengikuti kajian merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI. Selain itu, dihadiri jemaah dari sejumlah negara lain seperti Malasyia, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Penyajian materi yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia. Tujuannya, peserta dapat mudah mencerna dan memahami materi yang disampaikan oleh Ariful.

Di luar musim haji, Ariful biasanya menyampaikan kajian yang berfokus pada keutamaan Kota Madinah dan sejarahnya.

Setiap hari, Ariful mengisi kajian keislaman tanpa ada libur dengan jarak tempuh dari rumahnya ke Masjid Nabawi sekitar tujuh kilometer. 

Ia pun bercerita tentang awal mula dirinya bisa menjadi salah satu pengisi kajian di Masjid Nabawi. Saat ia kuliah S2 di Universitas Islam Madinah (UIM) pada 2019, kampus bekerja sama dengan pengelola Masjid Nabawi.

Masjid Nabawi meminta kampus UIM mengirim mahasiswa yang secara keilmuan mumpuni, untuk memberikan kajian di masjid yang didirikan Rasulullah Muhammad SAW itu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...